Dewan Harapkan Pemerintah Perbanyak Tempat Cuci Tangan di Ruang Publik

oleh
Tuah Mangasih, Anggota DPRD Sintang

SINTANG, KN – Anggota Komisi C DPRD Sintang Tuah Mangasih meminta pemerintah memperhatikan aspek pencegahan virus Corona hingga ke desa-desa. Selain itu ia juga meminta pemerintah memperbanyak tempat untuk mencuci tangan di ruang-ruang publik.

“Untuk penanganan Corona, seluruh anggota DPRD Sintang sudah mengalihkan dana Bimtek sebesar Rp 858 juta. Silakan gunakan dana itu untuk pencegahan. Salah satunya dengan menyediakan tempat untuk mencuci tangan di ruang-ruang publik. Lengkap dengan sabun. Agar masyarakat bisa dengan mudah mencuci tangan untuk mencegah Corona,” saranya.

Selain itu, pemerintah juga harus menyediakan masker yang cukup untuk masyarakat. Apalagi mulai sekarang pemerintah mengimbau semua masyarakat harus mengenakan masker.

“Masker sangat diperlukan dan harus dipenuhi kebutuhannya oleh pemerintah,” tegasnya.

Terkait penyemprotan disinfektan, ia menyarankan agar tempat-tempat umum menjadi prioritas. Seperti kursi-kursi rumah sakit atau kantor pelayanan. Contohnya kantor pelayanan pajak, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau lembaga perbankan.

“Bekas-bekas di kursi itulah yang perlu disemprot disinfektan setiap pagi. Bukan malah menyemprot aspal, kan percuma,” ucapnya.

Tempat lainnya yang perlu disemprot disinfektan adalah angkutan seperti bus atau taksi. Mengingat, angkutan tersebut mobilitas orang dan barang sangat tinggi. Pasar-pasar tradisional yang mobilitas orang dan barang juga sangat tinggi perlu disemprot disinfektan.

“Penyemprotan disinfektan harus benar-benar menperhatikan asas manfaat. Prioritaskanlah tempat umum, tempat yang ramai di akses publik hingga angkutan,” tegasnya.(*)