Dewan Harapkan Pemerintah Segera Memerdekakan Masyarakat dari Penerangan Listrik Negara

oleh
Hikman Sudirman

SINTANG, KN – Belum merdekanya masyarakat akan penerangan yang layak dari negara, masih menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pemerintah.
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Hikman Sudirman mengatakan, khusus di daerah pemilihannya (dapil) yakni Kecamatan Kayan Hilir dan kecamatan Kayan Hulu, cukup banyak desa yang belum teraliri listrik negara.

Namun, pada tahun ini ada beberapa desa yang dalam proses masuknya listrik negara. Desa tersebut diantaranya, Buluk Jegara, Buluk Panjang, Karya Baru, Tertung Mau, Landau Beringin, Desa Sungai Mang dan Desa Jaya Sakti.

“Desa-desa tersebut ada di Kecamatan kayan Hilir,” bebernya.
Ia mengatakan, di desa-desa tersebut sedang dalam proses pemasangan instalasi. “Pembangunan jaringan sudah selesai, sedangkan instalasi dalam proses,” bebernya.
Sementara itu, untuk desa-desa yang betul-betul belum tersentuh listrik negara berada di daerah Barai. Seperti: Desa Lalang dan Desa Pakak serta Desa Sungai Sintang.

“Untuk daerah Lebang sudah dimulai tahun ini. Yakni desa Linggam Permai dan Ipoh Emang,” beber legislator Partai Demokrat ini.

Untuk penerangan selama ini, warga mengandalkan kemampuan pribadi. Ada yang menggunakan generator set (genset) dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). “Tidak ada bantuan PLTS. Mereka membeli sendiri,” katanya.

Agar listrik bisa masuk ke desa-desa, biasanya melalui usulan Kepala Desa (Kades).

“Makanya saya minta para Kades proaktif mengusulkan serta mengawal. Kami di DPRD Sintang juga selalu mendorong agar listrik dinikmati masyarakat hingga ke pedalaman-pedalaman,” pungkasnya.(AB)