Dewan Harapkan Pemerintah Siapkan APD Pada Medis

oleh
Wakil Ketua I DPRD Sintang, Jeffray Edward

SINTANG, KN – Dalam penanganan pasien virus corona atau covid 19, keberadaan Alat Pelindung Diri (APD) mutlak harus mencukupi. Bila tidak ada, nyawa tenaga medis yang menangani pasien corona dipertaruhkan.

Oleh karena itu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Sintang Jeffray Edward meminta agar pemerintah menindaklanjuti soal pemenuhan APD yang dimaksud.

“Jika memang APD kurang, pemerintah harus menindaklanjuti. Pemerintah daerah harus bisa berkoordinasi dengan pemerintah provinsi (Pemprov) atau pemerintah pusat (pempus) agar ketersediaan APD bisa dipenuhi sesuai dengan kebutuhan pihak rumah sakit,” tegas Jeffray.

Perlunya APD yang memadai, ucap politisi PDI Perjuangan ini, bukan hanya terkait kepentingan sekarang ini. Tapi, bagaimana kedepan juga harus dipikirkan oleh pemerintah. Apalagi kita tidak tahu kaban wabah covid-19 ini akan berakhir.

“Kedepan kita tidak tahu sampai kapan wabah virus corona ini akan berakhir. Apalagi virus ini sangat berbahaya. Jangan sampai ketika kita ingin menyelamatkan pasien, malah mengorbankan tenaga medis karena kekurangan APD yang menunjang kinerja mereka. Makanya semua harus kita antisipasi,” tegas politisi dari Kecamatan Binjai Hulu ini.

Selain itu, pria yang juga Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sintang ini meminta pemerintah memperhatikan ketersediaan masker. Baik itu untuk tenaga medis maupun masyarakat.

“Kebutuhan masyarakat akan masker saat ini sangat banyak. Ini harus diantisipasi sejak sekarang,” pintanya lagi.
“Ketersediaan ini penting. Karena bagian dari upaya mengantisipasi warga kita agar tidak terpapar virus corona. Saya juga meminta masyarakat mematuhi protokol keselamatan covid-19. Seperti rajin mencuci tangan atau mengurangi keluar rumah untuk berkumpul di kerumunan massa. Ini tampak seperti masalah kecil, tapi harus kita lakukan untuk mencegah corona,” ucap Jeffray.

Terakhir, ia meminta masyarakat tidak terlalu resah dan panik menghadapi virus corona. “Karena kita percaya bahwa pemerintah akan melukan yang terbaik untuk melindungi kesehatan masyarakatnya,” pungkasnya.(*)