Dewan Minta Uang yang Beredar di Masyarakat Bebas Covid-19

oleh
Heri Jambri

SINTANG, KN – Para pemangku kebijakan disektor perbankan mendapat sorotan dari Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Heri Jamri.

Dimana, Heri Jamri meminta agar uang yang beredar terbebas dari virus Corona atau Covid-19. “Mengingat uang sangat rentan penularan Covid-19, saya minta kalangan perbankan di Kabupaten Sintang melakukan koordinasi dan pengawasan BI atau OJK untuk memastikan uang dari kasir bank maupun yang di ATM bebas dari virus covid- 19,” saran Heri Jamri, kemarin.

Ia meminta setiap uang yang beredar, terutama di mesin ATM, harus secara rutin untuk disemprot dengan cairan disinfektan, sehingga dapat menghindari masyarakat untuk terperangkap dalam rantai penyebaran virus tersebut.

“Tentunya dengan secara teratur menyemprotkan disinfektan terhadap uang sebelum beredar ke masyarakat baik lewat kasir bank terlebih yang diambil masyarakat melalui ATM,” tuturnya.

Selain uang, Heri Jamri meminta untuk setiap gerai ATM dan tempat-tempat yang rutin dikunjungi warga juga tetap dilakukan penyemprotan cairan disinfektan, serta menyediakan tempat cuci tangan.

“Selain itu sangat diharapkan agar semua gerai ATM secara teratur disemprot disinfektan dan wajib disiapkan tempat cuci tangan bagi masyarakat pengunjung ATM tersebut. Karena yang terjadi saat ini sebagian besar ATM tidak ada tempat cuci tangan,” ungkapnya.

“Kita perhatikan, banyak warga yang terpaksa menggunakan sarung atau pelapis tangan pada saat menekan tombol ATM dan terlebih mengambil uangnya,” pungkasnya. (*)