Investor Berperan Penting untuk Bangun Sektor Wisata

oleh
Anggota DPRD Sintang, Harjono

SINTANG, KN – Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Harjono Bejang menilai keberadaan invenstor sangat berperan penting dalam pengembangan sektor pariwisata yang ada di wilayah Bumi Senentang.

“Dengan minim atau terbatasnya investor di bidang pariwisata ini menyebabkan kurang berkembangnya sektor pariwisata di daerah,” kata Harjono Bejang, kemarin.

Menurut dia, meskipun Kabupaten Sintang banyak memiliki potensi pariwisata, namun kalau tanpa didukung dengan infrastruktur dan fasilitas yang memadai, maka pengembangannya belum bisa dilakukan secara maksimal.

“Masih banyak objek wisata Sintang yang belum siap secara infrastruktur, sehingga sulit dijangkau atau untuk di kunjungi wisatawan, dalam daerah ataupun luar,” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, kehadiran investor menjadi kunci utama membangkitkan pariwisata dan usaha ekonomi kreatif di daerah. Untuk itu, guna mempercepat pembangunan pariwisata dan usaha ekonomi kreatif di Sintang perlu peningkatan investasi dari luar.

“Investasi luar itu penting untuk membangun sarana dan prasarana wisata maupun usaha ekonomi kreatif di daerah ini,” ucapnya.

Kemudian, untuk menyiapkan pariwisata yang baik pun perlu mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Apalagi, untuk mencapai target pengunjung perlu dibangun dan dipersiapkan SDM, sehingga mampu mengelola objek wisata tersebut dengan baik dan benar.

“Dengan kemajuan dibidang pariwisata tentu ini akan berdampak sangat baik untuk daerah salah satunya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD),” pungkasnya. (*)