Jarot Hadiri Natal Sub Suku Undau di Kayan Hulu

oleh
oleh

SINTANG. Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH menghadiri acara perayaan Natal Oikumene Sub Suku Undau Kecamatan Kayan Hulu dan Kecamatan Kayan Hiliri di GKII Pintu Elok Merahau, Desa Merahau Permai, Kecamatan Kayan Hulu, Minggu (26/1/2020) sore.

Turut hadir Anggota DPRD Kabupaten Sintang Santosa, unsur Forkopimcam Kayan Hulu, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, melalui moment natal Oikumene ini, Jarot Winarno mengajak masyarakat di Desa Merahau Permai ini untuk selalu menjaga persatuan dan persatuan, seperti atau ibarat warna pelangi yang beragam. Bahwa keberagaman dan perbedaan itu suatu keindahan.

“karena kalau pelangi warnanya cuman merah saja nda bagus, warna kuning saja juga nda bagus, waran biru saja juga nda bagus. Makanya warna pelangi itu beragam barulah dia bagus”kata Jarot.

Jarot pun menyampaikan bahwa hidup di Indonesia ini patut di syukuri meskipun memliki 17ribu lebih pulau-pulau, 1.340 suku bangsa, 740 lebih bahasa namun sampai hari ini bahkan sampai kapanpun Indenesia tetap bersatu dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika.

“coba lihat di daerah/negara lain di dunia ini, ada yang sama warna kulit, bahkan agamanya sama, bahkan sukunya juga sama, pecah menjadi berbagai negara bahkan ada yang sedang bertikai hingga saat ini”terang Jarot.

Untuk itulah Jarot mengingatkan kembali pesan atau tema natal yakni hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang. Melalui tema tersebut persatuan dan kesatuan dalam kebergaman itu tetap harus terjaga, sehingga rasa persahabatan dalam keberagaman itu menjadi modal saling hidup berdampingan satu dengan yang lainnya.

Anggota DPRD Kabupaten Sintang Santosa juga mengajak hal sama yanki agar masyarakat secara khusus di Desa Merahau Permai ini selalu menjaga persatuan dan kesatuan terlebih di Merahau ini juga hidup keberagaman dan jika ada permasalah yang terjadi selesaikan dengan musyawarah mupakat yang merupakan jari diri bangsa Indonesia.

“Saya selaku perwakilan masyarakat yang pastinya selaku bersedia dan selalu ada menerima keluhan atau apapun itu yang ingin di sampaikan masyarakat, karena itu juga merupakan tanggung jawab kami selaku perwakilan rakyat”ucap Santosa.

Ketua Panitia kegiatan Oikumene Natal Sub Suku Undah Romundus mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sintang yang hadir langsung pada acara ini, sehingga bisa langsung bertemu dan melihat langsung kondisi masyarakat di Desa Merahau ini secara khusus.

“Kami yang hadir di sini sub suku undah dari berbagai desa yang ada di kayan hulu dan kayan hilir, kebetulan tahun ini gereja kami menjadi tuan rumah. Hal ini juga bertujuan untuk menjaga silaturrahmi kami sesama sub suku undah yang memang jarang bertemu, moment natal oikumene inilah kesempatannya”ungkap Romundus. (*)