Kehadiran Ketua DPRD Sintang Pada Musrenbang Kecamatan Menjadi Harapan Baru

oleh

SINTANG, KN – Kehadiran Ketua DPRD Sintang pada setiap Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan, mendapat pujian dari Anggota DPRD Sintang, Melkianus.

Melkianus mengatakan ini merupakan nuansa baru dan harapan baru untuk kita semua, kata Melkianus.

“Dengan hadirnya Ketua DPRD pada setiap momen Musrenbang kecamatan, kiranya apa yang di sampaikan pada Musrenbang tersebut dapat di prioritaskan” pinta Melkianus.

Menurut Politisi Partai Golkar tersebut, ada banyak usulan pembangunan yang disampaikan masyarakat lewat aparatur desa.

Proses realisasi usulan akan mempertimbangkan sejumlah aspek, ketersediaan anggaran, tingkat urgensinya, dan pemerataan pembangunan dengan wilayah lainnya.

“Saya himbau kepada bapak/ibu kades untuk terus mengawal usulan bapak/ibu saat meng-entry di Simral. Lalu hasilnya, selain bapak/ibu beri ke OPD terkait, tolong disampaikan juga kepada DPRD. Sehingga kami bisa sesuaikan penyaluran dana pokok-pokok pikiran kami di dewan, inilah bentuk upaya kita memperlancar komunikasi pembangunan kita sehingga target pembangunan tahun 2021 minimal 1 desa 1 kegiatan pembanguan dapat tercapai,” pinta Melkianus saat menghadiri Musrenbang di Kecamatan Ketungau Hulu pekan lalu.

Pada kesempatan ini juga, pria yang telah lebih dari satu decade menjadi wakil rakyat itu menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah Kecamatan Ketungau Hulu, atas usaha-usaha mengatasi permasalahan sosial setempat, stunting.

“Saya kan berada di Komisi C yang membidangi soal Pendidikan dan Kesehatan, pemerintah daerah sendiri sudah punya target bahwa tahun ini semua desa dan kelurahan harus sudah memiliki tenaga kesehatan, bidan dan perawat, mumpung kita lagi berkumpul, saya juga ingatkan kepada para kades agar menyiapkan tempat tinggal yang layak dan aman bagi para tenaga kesehatan. Pemerintahkan saat ini belum bisa mengadakan rumah dinas bagi mereka. Sekarang kita usahakan ketersediaan tenaga medisnya dulu, ya,” ujarnya lagi.

Camat Ketungau Hulu, Jamhur mengatakan, pihaknya ingin mencapai keselarasan dalam proses pembangunan di Ketungau Hulu. Dalam usaha itu diperlukan kerjasama yang lebih efektif dalam konteks pembangunan masnusia yang berkualitas dan berdaya saing.

“Untuk itu, mari kita bersama-sama bermusyawarah dalam merencanakan, mengintegrasikan, mendialogkan pikiran dan pandangan masing-masing guna mempercepat langkah dan memacu kinerja pembangunan di Kecamatan Ketungau Hulu,” kata Jamhur. (*)