Ketua DPRD Sintang Setuju Revisi APBD 2020 Untuk Pencegahan Covid-19

oleh
Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny

SINTANG, KN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny menegaskan bahwa pihaknya mendukung langkah Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk melakukan melakukan revisi anggaran tahun 2020 guna pencegahan maupun penanganan covid-19.

”Saya sudah minta persetujuan semua ketua Fraksi di DPRD Sintang bahwa kita mendukung teman-teman di TAPD. Apalagi sudah ada instruksi Presiden Nomor 4 terkait bolehnya revisi anggaran APBD 2020,” kata Florensius Ronny di DPRD Sintang belum lama ini.

“Jadi, untuk masalah duit hampir ndak ada masalah. Dari DPRD pasti setuju lah. Dengan catatan, hasil revisi anggaran tersebut betul-betul digunakan untuk pencegahan maupun penanganan covid-19,” ucapnya.

Masalah virus corona ini, kata Ronny, masyarakat hendaknya tidak panik secara berlebihan. Meski demikian, kewaspadaan maupun antisipasi dini tetap harus dilakukan. Langkah yang paling mudah adalah dimulai dari diri sendiri dengan rajin cuci tangan menggunakan sabun. Atau, menggunakan hand sanitizer.

“Jangan panik dan tetap waspada. Makanya, saya dan rekan-rekan di DPRD Sintang mengambil langkah antisipasi dengan menggunakan masker dan sebisa mungkin tidak bersalaman. Kami juga tidak melakukan kunjungan ke luar daerah sampai secara nasional diumumkan sudah bebas virus corona,” ucapnya.

Sebelumnya, Bupati Sintang Jarot Winarno menjelaskan Instruksi Presiden Nomor 4 tahun 2020. “Di situ Presiden menginstruksikan, mari kita bedah APBD kita. Lalu dana yang tidak penting benar kita pangkas. Kemudian kita letakkan ke dalam penanggulangan covid-19 di Kabupaten Sintang,” ucapnya.

Ia mengatakan, Covid-19 berdampak juga kepada ekonomic shock, rupiah anjlok, kapasitas fiskal negara terus terkuras, juga dana untuk melawan corona juga besar. “Sehingga dibutuhkan improvisasi, inovasi, dan ide-ide cerdas dari Pemkab dan DPRD Sintang untuk mengalokasikan dana yang terbatas untuk masyarakat Kabupaten Sintang,” jelasnya.(*)