Legislator Ini Minta Gugus Tugas Aktif Sampaikan Informasi Covid-19 ke Masyarakat

oleh
Anggota DPRD Sintang, Tuah Mangasih

SINTANG, KN – Gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Sintang diminta agar proaktif sampaikan informasi terkait perkembangan Covid-19. Hal itu diperlukan guna mengantisipasi penyimpangan informasi yang dapat membuat kepanikan ditengah masyarakat.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Tuah Mangasih mengatakan di tengah permasalahan penyebaran Covid-19 yang saat ini menjadi perhatian bersama tentu informasi resmi dari gugus tugas sangat diperlukan, sehingga tidak ada asumsi yang berlebihan dari masyarakat dan bisa digunakan juga sebagai peningkatan kewaspadaan kepada masyarakat.

“Jangan ada informasinya simpang siur dan menjadi kekhawatiran ditengah masyarakat,” ungkap Tuah Mangasih, kemarin.

Seharusnya penyampaian secara detail juga harus dilakukan oleh salah satu juru bicara yang proaktif setelah mendapatkan data yang valid dan diberikan kepada awak media.

“Jadi apabila ada beberapa gejala dari masyarakat yang berstatus orang dalam pantauan (ODP) lalu diperiksa,kemudian dirujuk dan disampaikan hasilnya serta jumlahnya semua, agar masyarakat dapat tau sehingga tidak informasi hoaks, karena apabila ada keterangan resmi yang disampaikan melalui salah satu perwakilan atau website resmi,” kata politisi PDI Perjuangan ini.

Selain itu, Tuah Mangasih juga mengajak masyarakat agar tetap mengukuti anjuran dan himbaun pemerintah terkait memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Kita harap semua anjuran dan himbauan pemerintah dapat dipatuhi, baik itu menggunakan masker saat berativitas di luar rumah maupun menerapkan social distancing dan physical distancing. Semua itu diyakini dapat memutus rantai covid-19,” pungkas Tuah Mangasih. (*)