Maksimalkan Vitamin untuk Tenaga Medis

oleh
Maria Magdalena, SH

SINTANG, KN – Tugas tenaga medis yang secara langsung melakukan penanganan terhadap pasien dalam pengawasan (PDP) atau yang saat ini sudah ada pasien yang positif Covid-19 dirawat di RSUD Ade M Djoen Sintang memang sangat rentan akan penyebaran Covid-19 ini.

Selain harus adanya alat pelindung diri (APD) yang memadai tentu pemberian vitamin terhadap para tenaga medis harus diperhatikan dan dilakukan secara maksimal melalui gugus tugas penanganan Covid-19.

“Bukan hanya tentang meningkatkan daya tahan tubuh bagi para tenaga medis saja, tapi juga pemberian vitamin yang diberikan harus maksimal, sehingga tenaga medis dapat menjaga stamina ketika menjalankan tugasnya dalam menangani setiap pasien,” kata Maria Magdalena, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, kemarin.

Memperhatikan keberlangsungan kesehatan tenaga medis dalam menghadapi Covid-19, kata Maria Magdalena, merupakan hal prioritas. Selain itu, para tenaga medis juga harus siap bekerja secara lahir-batin.

“Perlindungan terhadap tenaga medis tidak juga mesti soal ketersediaan dan lengelngkapan APD saja,  Namun juga harus memperhatikan makanan tambahan untuk menjaga stamina. Para tenaga medis yang bekerja harus mendapatkan makanan gizi seimbang serta kecukupan vitamin agar daya tahan tubuh mereka tetap terjaga,” tuturnya.

Sejauh ini, Maria Magdalena mengapresiasi langkah yang sudah diambil para tenaga medis di RSUD Ade M Djoen Sintang. Namun, diharapkanya pelayanan pasien Covid-19 harus lebih maksimal, sehingga pasien yang ditangani dapat segera sembuh dan bersktivitas seperti biasanya.

“Sejauh ini apresiasi yang nyata diberikan pemerintah cukup baik dengan memberikan insentif tambahan kepada para tenaga medis yang berada digarda terdepan penanganan Covid-19. Tapi pelayanan maksimal juga perlu ditingkatkan lagi,” pungkasnya. (*)