MTQ Nanga Pinoh Ke VII Sukses, Desa Paal Raih Juara Umum

oleh
Bupati Melawi saat menyerahkan piala bergilir kepada Perwakilan desa Paal yang menjadi juara umum (Kalimantan-News/Irawan)

Melawi (kalimantan-news.com) – Setelah Berlansung sejak 4 hari, akhirnya Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-VII Tingkat Kecamatan Nanga Pinoh tahun 2019 dihalaman SD MIN Nanga Pinoh, Sabtu (16/11) malam. Penutupan tersebut dilakukan oleh Bupati Melawi, Panji. Kegiatan itu dihadiri dihadiri Ketua DPRD Melawi Widya Hastuti, Camat Nanga Pinoh Sonten, Ketua MUI Melawi Joko Supeno Mukti dan Penjabat Kepala Desa Paal Nani P. serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Bupati Melawi, Panji dalam arahannya mengatakan, bahwa kegiatan MTQ salah satunya merupakan kegiatan budaya seni keimanan yang berbasis ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Ia pun mengapresiasi pelaksanaan MTQ ini bisa terlaksana dengan baik, lancar dan sukses berkat kerja sama antara masyarakat, Pemerintah Desa dan Pemerintah Kecamatan yang didasari ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Panji berharap peserta yang menjadi juara dapat meningkatkan lagi kemampuan dan capaian tersebut, sehingga dapat mewakili Kecamatan Nanga Pinoh pada MTQ Tingkat Melawi 2020 di Desa Batu Nanta, Kecamatan Belimbing, dan bisa meraih juara, selanjutnya dapat mewakili Melawi di MTQ Tingkat Provinsi hingga Nasional. “Sedangkan kepada yang belum menjadi yang terbaik, Panji menyampaikan, agar terus belajar, sehingga dapat meraih prestasi di masa yang akan datang,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Camat Sonten mengatakan, juara dalam MTQ tingkat Kecamatan Nanga Pinoh ini akan mewakili Kecamatan Nanga Pinoh pada MTQ ke-VIII Tingkat Melawi 2020 di Desa Batu Nanta, Kecamatan Belimbing. “Jika terpilih sebagai yang terbaik akan mewakili Kecamatan Nanga Pinoh di tingkat kabupaten,” ujar Sonten.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Zawardi, melaporkan, jenis lomba yang diselenggarakan pada MTQ kali ini adalah Tilawah Putra dan Putri, Hifzil Putra dan Putri, Fahmil/Cerdas Cermat Al-Qur’an, Syahril Quran, Khatil Qur’an, dan Kotomporer.

Dikesempatan itu Zawardi menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung pelaksanaan MTQ. “Mewakili panitia, kami memohon maaf apabila ada ditemukan kekurangan selama pelaksanaan MTQ,” ujarnya.

Pelaksanaan MTQ yang berlangsung sejak Rabu (13/11) di ikuti 14 desa dari 17 desa yang tersebat di Kecamatan Nanga Pinoh dengan jumlah peserta sebanyak 286 orang. Sedangkan desa yang tidak mengikuti MTQ ini adalah Desa Nanga Kebebu, Desa Tembawang Panjang dan Desa Poring.

Juara Umum MTQ ke-VII Tingkat Kecamatan Nanga Pinoh tahun ini di raih oleh Desa Paal. Kemudian untuk pelaksanaan MTQ ke-VIII tahun 2021 Tingkat Kecamatan Nanga Pinoh berlangsung di Desa Tebing Kerangan. Pada penutupan tersebut Panji menyerahkan piala bergilir kepada juara umum. Acara penutupan itupun ditandai dengan penabuhan rebana bersama. (Irawan/KN)