Optimalisasikan Perekonomian Masyarakat, Ini Saran Dewan Sintang…

oleh
Jeffray Edward

SINTANG, KN – Dalam rangka optimalisasi perekonomian masyarakat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang berharap agar Pemerintah dapat berperan pro aktif.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang, Jeffray Edward, kemarin.

Jeffray mengatakan bahwa masyarakat membutuhkan peluang usaha, namun terkadang situasi dan kondisi dapat berdampak pada sektor usaha yang dijalankan oleh masyarakat sehingga dalam hal ini peran serta Pemerintah akan sangat membantu.

“Utamanya masyarakat itu membutuhkan peluang usaha dan ini harus dipikirkan oleh pemerintah dalam menciptakan perihal tersebut agar pendapatan warga tidak terdampak negatif,” ucap politisi Partai PDIP ini.

Salah satu contoh adalah ketika anjloknya harga komoditas perkebunan seperti karet dan sawit akhir-akhir ini dan kondisi tersebut berdampak pula pada sumber mata pencaharian masyarakat yang bergantung pada komoditas tersebut.

Menurut Jeffray, ada beberapa upaya yang dapat dilakukan Pemerintah untuk optimalisasi perekonomian masyarakat di antaranya program pembangunan Pemerintah yang fokus pada peningkatan ekonomi.

“Salah satunya yakni peran Pemerintah melalui instansi atau badan terkait misalnya memberikan pelatihan dan keterampilan kepada para pelaku usaha makro, kecil dan menengah (UMKM) serta bantuan dari segi pendanaan atau pinjaman maupun bantuan dari segi peralatan,” ungkapnya.

Selain itu, kata Jeffray, Pemerintah dapat mendorong masyarakat untuk membuka lapangan kerja mandiri dan berkelompok dan memberikan bimbingan agar usaha yang mereka lakukan dapat berjalan dengan maksimal.

Dia juga berharap agar jangan sampai terjadinya Kesenjangan antara mata pencaharian  dan hasil yang mereka dapatkan sehingga perlu peran serta tidak hanya dari pihak eksekutif namun juga pihak legislatif. (*)