Pedagang Ramadhan Disarankan Manfaatkan Sistem Online

oleh
MAINAR PUSPA SARI

SINTANG, KN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Mainar Puspa Sari mengajak para pedagang agar menawarkan menu buka puasa dengan memanfaatkan sistem online dalam setiap macam dagangannya.

Maksud dari pemanfaatan sistem penjualan yang ditawarkan secara online ini agar tidak ada dari masyarakat yang membeli aneka menu buka puasa secara berkerumunan sehingga penerapan physical distancing dapat berjalan dengan baik.

“Tradisi bulan suci Ramadhan memang tidak terlepas dengan banyaknya jajanan aneka kue, masakan siap saji dan minuman, namun pada tahun ini di tengah adanya wabah Covid-19, tentunya masyarakat harus dapat memahami bagaimana caranya mendukung langkah pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 sehingga dengan adanya sistem online akan lebih menjaga masyarakat dalam menerapkan physical distancing,” ungkap Mainar Puspa Sari, kemarin.

Meskipun pasar juadah atau Ramadhan tetap buka, namun diakui Mainar terlihat sepi pembelinya dibanding Ramadhan tahun sebelumnya.

“Penerapan sistem jual online ini dinilai juga bukan sebagai pembatasan bagi para pedagang yang ada di Sihtang, melainkan sebagai salah satu upaya pencegahan adanya penularan Covid-19 ini semakin meluas di Kabupaten Sintang, selain itu masyarakat dan pedagang juga sama-sama diuntungkam, terlebih dari sisi kesehatan di tengah pandemi ini,” katanya.

Karena itu, Mainar mengajak bersama-sama memutus rantai penyebaran Covid-19 ini, agar bisa segera berakhir dan salah satunya peningkatan kesadaran masyarakat terutama dalam di bulan suci Ramadhan ini.

“Meski kita sadar bahwa bagitu banyak perubahan tradisi Ramadhan pada tahun ini ditengah wabah Covid-19,” pungkasnya. (*)