Pemkab Sekadau Sampaikan Usulan Pembangunan Kesehatan Ke Kemenkes RI

oleh

SEKADAU, KN – Wakil Bupati Sekadau Aloysius, SH, M.Si dan Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau Drs. Zakaria, M.Si menyampaikan usulan langsung terkait pembangunan kesehatan kepada kementerian kesehatan di jakarta pada Rabu 27 Februari 2019, kemarin.

Kedatangan rombongan Wakil Bupati diterima Kepala biro perencanaan dan anggaran beserta pejabat eselon 2 Kemenkes serta Biro pelayanan prasarana kesehatan (fasyankes).

Wakil Bupati Sekadau Aloysius, dalam pemaparannya diruang pertemuan bersama biro perencanaan dan anggaran kementerian kesehatan menyampaikan beberapa usulan terkait pembangunan kesehatan di kabupaten sekadau antara lain, percepatan pembangunan kesehatan di Belitang Hulu, peningkatan sarana Puskesmas di 4 Puskesmas (Sekadau Hilir, Rawak, Belitang Hulu) untuk tahun 2019.

Wakil Bupati Aloysius menjelaskan, usulan pembangunan kesehatan oleh Pemerintah Kabupaten Sekadau ini dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan dengan memperhatikan kondisi keterbatasan penyebaran jumlah sarana kesehatan masyarakat serta masih tingginya angka kematian ibu dan anak yang memerlukan perhatian dan peningkatan pelayanan yang bermutu kepada masyarakat.

“Dengan dasar pertimbangan, masih rendahnya kemampuan fiskal daerah Kabupaten Sekadau kita usulkan rencana pembangunan/relokasi Puskesmas di Kecamatan Belitang Hulu, Kecamatan Belitang, Kecamatan Sekadau Hulu dan Sekadau Hilir, ” jelasnya.

Sementara, Kepala biro perencanaan dan anggaran kementerian kesehatan menyambut baik dan sangat mendukung atas usulan rencana pembangunan kesehatan yang disampaikan oleh pemerintah Kabupaten Sekadau.

“Kita sangat mendukung percepatan pembangunan kesehatan di Kabupaten Sekadau hanya perlu ditindaklanjuti oleh dinas terkait untuk lebih inten lagi menyampaikan kondisi perkembangan dan sinkronisasi program pusat dengan daerah,” ujarnya. (Hms)