PMI Berjibaku Bersihkan Kawasan Pasar

oleh
PMI Melawi bersama petugas kebersihan saat membersihkan lingkungan pasar. (Ist)

Melawi, KN – Pasca banjir besar yang melanda Melawi beberapa hari yang lalu, menyisakan sampah di seputaran pasar khususnya di kawasan terdampak banjir. Karena tak ingin melihat petugas kebersihan melakukannpembersihan sendiri, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Melawi, yang di komandoi Hj Nurbetty Eka Mulastri Panji, bersama TNI, POLRI dan BPBD Melawijuga mengambil peran untuk ikut membersihkan pasar. Salah satu titik yang dibersihkan yakni di kawasan Tugu di jalan Garuda Nanga Pinoh, Selasa (22/09/2020)

PMI dan Petugas Kebersihan saat membersihkan sampah di seputaran Tugu Pancasila. (Ist)

Wanita yang akrab disapa Astri itu mengatakan, PMI Melawi sejak awal banjir melanda sudah membantu warga yang terdampak banjir. “Kita turun dari awal terjadinya bencana banjir di kabupaten Melawi, dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Serta memberikan pelayanan psikososial atau support bagi anak-anak yang trauma akibat banjir, “ ungkap sang pendamping hidup Bupati itu.

Lebih lanjut, Astri menjelaskan pembersihan dilakukan di Bilangan Pasar Nanga Pinoh yang terdampak banjir. Tidak sampai di situ, lokasi lain seperti sekolah- sekolah juga disterilisasi. “Sterilisai dilakukan agar kuman dan bakteri yang terbawa arus banjir tidak mengontaminasi penghuni tempat itu. Agar masyarakat sendiri tidak terkontaminasi oleh penyakit yang ditimbulkan pascabanjir terjadi,” ujarnya.

Wanita yang juga sebagai ketua PKK Melawi itu mengatakan, puluhan relawan PMI dan juga pengurus dibantu para petugas kebersihan yang biasa disebut pasukan oranye dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Melawi pun dengan sigap membersihkan wilayah yang terdampak banjir. (Dir)

No More Posts Available.

No more pages to load.