Rapat Koordinasi Inventarisasi Dan Pemetaan Kerjasama Daerah

oleh

SEKADAU – Bagian Pemerintahan Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau menyelenggarakan Rapat koordinasi Inventarisasi dan pemetaan kerjasama Daerah di Kabupaten Sekadau, digelar di Aula salah satu Hotel di kota Pontianak tanggal 21 – 23 November 2018.

Sambutan Ketua Panitia yang dibacakan H. Fendi S.Sos, Msi menyampaikan kegiatan rapat koordinasi ini di latarbelakangi kerja sama daerah yang merupakan wahana dan sarana dalam memantapkan hubungan dan keterikatan daerah satu dengan yang lain.

Selain itu juga menyerasikan pembangunan daerah, serta mensinergikan potensi antar daerah dalam meningkatkan pertukaran pengetahuan dan teknologi.

“Melalui kerjasama daerah juga di harapkan dapat mengurangi kesenjangan daerah dalam menyediakan saran dan prasarana pelayanan publik” Kata Fendi.

Disampaikan juga pada laporan bahwa daerah harus memiliki inisiatif untuk membaca potensi daerahnya terkait urusan wajib maupun pilihan yang telah menjadi kewenangan yang dapat di kembangkan, sehingga tim koordinasi kerjasama daerah yang terbentuk dapat menjalankan tugas diantaranya melakukan inventarisasi dan pemetaan bidang atau potensi daerah yang akan di kerjasamakan.

“Pembentukan tim dapat menjadi wadah bagi pemerintah dalam menyusun dan membahas bahan pengambilan terkait kebijakan daerah kabupaten Sekadau.” Tambahnya.

Sambutan Bupati yang di sampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau , Drs Zakaria M.Si mengatakan, semua daerah saling memiliki keterkaitan dan keterikatan satu sama lainnya sehingga ada peluang kerjasama dalam mengembangkan potensi yang dimiliki dan dapat dikelola dengan baik, yang tentunya dalam pelaksaan kerjasama tersebut harus bermanfaat dan saling menguntungkan.

“Menjadi upaya kita bersama untuk mewujudkan tersusunnya prioritas objek yang dapat dikerjasamakan dengan daerah lain atau pihak ketiga yang saling menguntungkan” Kata Zakaria.

Disampaikan juga, selain membentuk tim koordinasi kerjanya daerah sebagai wadah penatausahaan pelaksaan kerjasama, ada beberapa hal yang menjadi dasar diantaranya pemerintah daerah menggali dan mengetahui potensi yang di miliki.

“Kita selaku penyelenggara pemerintah dapat merancang kebijakan dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki untuk dikerjasamakan” tambahnya.

Diingatkan juga pada sambutan tersebut bahwa prinsip pelaksanaan kerjasama daerah harus melihat prinsip efesiensi yang bertujuan untuk menekan biaya guna memperoleh hasil yang maksimal, prinsip efektivitas yang bertujuan untuk memperoleh manfaat secara optimal, serta prinsip kepastian hukum yang tidak bertentangan dengan perundang-undangan.

“Kerjasama yang dilakukan dapat mengikat secara hukum bagi pihak yang melakukan kerjasama daerah.” Kata Zakaria.

Hadir dalam pelaksanaan kegiatan rapat koordinasi , Asisten, Staf ahli Bupati , Kepala Dinas, Kepala Badan, Camat, Sekretaris Dinas, Sekretaris Badan dan Kepala Bidang dilingkungan Pemerintah KabupatenSekadau. Sekadau.

Selain Narasumber dari provinsi, juga dihadirkan narasumber dari Kepala Seksi Kerjasama dan Penyelesaian Perselisihan Antar Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Dr. Agnes Widayanti, S.Ip, MSi.

Sumber : Humpro Pemkab Sekadau
Editor : Asmuni