RSJ Sudiyanto Resmi Beroperasi, Ini Harapan Lim Hi Soen

oleh
oleh
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Liem Hie Soen

SINTANG,KN–Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Liem Hie Soen mendukung pengoprasian Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sudiyanto.

Dengan telah beroperasinya RSJ Sudiyanto, Liem Hie Soen berharap, Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) bisa ditangani, dirawat hingga sembuh, sehingga tidak perlu lagi merujuk pasien sampai ke Kota Singkawang atau ke Kota Pontianak.

“RSJ Sudiyanto sekarang sudah beroperasi. Saya melihat memang kita ndak perlu lagi ke singkawang, atau Pontianak,” ujar wakil rakyat daerah pilihan Sintang Kota ini.

Apabila RSJ Sudiyanto kedepan berkembang dan memiliki gedung yang representatif, Liem berharap dapat menjadi rujukan bagi pasien lagi dari Kabupaten yang ada di wilayah timur Kalbar.

“Dengan adanya RSJ yang baru ini kita bisa memberikan pelayanan yang baik pada ODGJ. Apalagi di daerah timur. Seperti Sintang, melawi, sekadau, Kapuas hulu sanggau,” ujar legislator Partai Hanura ini.

Persoalan kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM), Liem berharap dapat dicari solusinya bersama dengan Dinas Kesehatan. Karena saat ini pemerintah resmi melarang penerimaan tenaga honor, maka Liem menyarankan agar mencari tenaga kesehatan di Puskemas yang memiliki tenaga lebih untuk ditarik ke RSJ.

“Soal kekurangan yang lain, dilengkapi perlahan. Yang pasti, saat ini sudah operasional. Ini tentu kita dukung kedepannya,” ujar Liem.

Saat ini, RSJ Sudiyanto masih menempati bangunan bekas Rumah Sakit Ade M Djoen Sintang. Kedepan, pemerintah berencana membangun gedung RSJ sendiri yang lebih representatif.