Sambut Baik Wacana Alokasi Anggaran Pembelian Karet Rakyat

oleh
KUSNADI

SINTANG, KN – Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Sintang, Kusnadi menyambut baik wacana pemerintah yang akan mengalokasikan anggaran untuk pembelian karet rakyat, sebagai antisipasi jika tengkulak tidak lagi membeli karena terdampak Corona Virus Desease (COVID-19).

Wacana ini sempat disampaikan Bupati Sintang Jarot Winarno, ketika video conference dengan Gubernur Kalbar, Sutarmidji belum lama ini. Dana tersebut nantinya merupakan bagian dari penanggulangan COVID-19 untuk stimulus ekonomi.

“Sebagai wakil rakyat, kami tentu sangat mendukung wacana ini. Karena, jika terealisasi tentu akan sangat membantu masyarakat,” kata Kusnadi.

Dukungan disampaikan Kusnadi bukannya tanpa alasan. Mengingat, kata dia, banyak sekali masyarakat Kabupaten Sintang yang masih menoreh getah karet untuk menopang ekonominya.

Meski saat ini harga getah karet saat ini belum kembali seperti masa jayanya dahulu, masyarakat masih banyak mengandalkan komoditi ini untuk mendapatkan penghasilan. Apalagi dimasa pendemi COVID-19 yang serba sulit seperti saat ini.

“Saat pendemi COVID-19 terjadi, semoga karet masyarakat tetap dibeli oleh pedagang di daerahnya masing-masing. Supaya, masyarakat tetap punya penghasilan meski saat ini sedang pandemi COVID-19. Kalau tidak ada yang membeli, tentu masyarakat akan kesulitan. Nah, situlah saya kira akan sangat tepat jika pemerintah mengambil peran dengan membeli karet rakyat tersebut,” ucapnya.

Hingga saat ini, kata Kusnadi, masyarakat masih berharap harga karet bisa merangkak naik. Karena jika hal itu terjadi, tentu perekonomian masyarakat akan semakin meningkat. Sehingga daya beli juga semakin baik.(*)