Sampaikan PU, Fraksi PDI Perjuangan Minta Pemkab Implementasikan Anggaran Secara Efektif

oleh
Juru Bicara Fraksi PDI Perjuangan Agustinus

SINTANG – Fraksi PDI Perjuangan menyampaikan pandangan umum terhadap penyampaian nota keuangan dan rancangan peraturan daerah (Raperda) Kabupaten Sintang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sintang Tahun Anggaran 2019.

Pandangan umum Fraksi ini disampaikan melalui Juru bicara fraksi, Agustinus dalam rapat paripurna ke-16 DPRD Sintang masa persidangan III yang dilaksankan di Ruang Sidang Utama DPRD Sintang pada, Senin (05/11/2018).

Mengawali penyampaian pandangan umum fraksi, Agutinus mengatakan bahwa Fraksi PDI perjuangan mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sintang yang telah menyampaikan pidato nota keuangan dan rancangan peraturan daerah kabupaten Sintang tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten Sintang tahun anggaran 2019 pada rapat paripurna ke-15, masa persidangan t|ga pada tanggal 2 november 2018 yang lalu.

“Sesuai dengan peraturan menteri dalam negeri nomor 38 tahun 2018 tentang pedoman penyusuanan APBD tahun 2019, pembahasan rancangan peraturan daerah berpedoman pada kebijakan umum perubahan APBD serta prioritas plafon anggaran perubahan APBD yang telah di sepakati antara kepala daerah dan pimpinan DPRD, serta peraturan DPRD Kabupaten Sintang nomor 1 tahun 2018 yang memberikan ketegasan hukum bahwa salah satu fungsi DPRD adalah menjalankan fungsi anggaran yaitu melalui badan anggaran bersama-sama dengan pemerintah daerah untuk menyusun dan menetapkan APBD,” ujar Agustinus.

Fraksi PDI Perjuangan kata Agustinus berpendapat bahwa kebijakan anggaran pendapatan dan belanja daerah terlihat cukup baik dengan adanya peningkatan sebesar 1,8 %.

“Maka dengan ini Fraksi PDI Perjuangan memberikan respon positif terhadap peningkatan ini, akan tetapi Fraksi PDI Perjuangan juga berpendapat bahwa untuk saat ini kita masih belum keluar dari kondisi dilema anggaran yang terjadi di tahun anggaran 2018.

Oleh sebab itu pemerintah harus bisa mencari kebijakan yang tepat, kebijakan yang strategis dan juga diharapkan agar program-program yang ada dapat di implementasikan secara lebih efektlf dan efisien.

“Tentu kita semua berharap dapat mempertahankan serta terus meningkatkan prestasi ini di masa-masa yang akan datang maka Frksi PDI Perjuangan berprinsip peningkatan ini dipandang perlu untuk dibahas,” terangnya. (TM)