Sandan Harap Seleksi P3K Perioritaskan Honorer yang Sudah Bertugas Bertahun-tahun

oleh
oleh
Ketua Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Sandan

SINTANG,KN—Pemerintah kembali membuka seleksi penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) tahun 2023. Di Kabupaten Sintang, ada 981 kuota formasi yang dibuka terdiri atas atas Guru 710, Kesehatan 227 dan Teknis 44.

Ketua Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Sandan berharap pemerintah dapat mengutamakan kelulusan bagi para honorer yang sudah mengabdi bertahun-tahun mengajar agar bisa lulus P3K. Selain itu, Sandan juga berharap supaya para peserta yang tahun lalu tidak lolos tes diberikan kemudahan.

“Soal P3K banyak kemarin yang ikut tes karena belum ada penempatan jadi belum lulus kan sudah masuk data kita harap itu dulu yang diangkat. Yang sudah lama diangkat. Bagi guru honorer yang sudah belasan tahun mengajar dapat diangkat, wajib karena mereka sudah mengabdi pada negara ini dengan gaji yang 300-500 ribu perbulan. Wajib lah bagi pemerintah memberikan peluang supaya lolos di P3K ini,” ujar Sandan.

Legislator Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) mendukung langkah kebijakan pemerintah dalam memperjuangkan guru honorer untuk lolos P3K. Hanya saja dia meminta agar honorer yang sudah mengabdi bertahun-tahun dapat menjadi perioritas.

“Kita dorong mendukung kebijakan pemerintah daerah yang memperjuangkan guru honorer yang kemairn tes tapi belum lulus. Sekarang juga harus dilihat dari masa kerjanya, jangan hanya dilihat nilai tesnya. Kadang yang pintar pas dites nilainya rendah tapi dilihat dari pengabdiannya yang paling penting. Karena mereka sudah mengabdi cukup lama. Jangan pula baru honor setahun itu diloloskan. Sekarang ini kan batas masuk 2 tahun honor. Baru bisa ikut tes seleksi P3K,” jelas Sandan.