Santosa: Kayan Masih Darurat Infrastruktur

oleh

SINTANG, KN – Ketua Komisi A DPRD Sintang, Santosa S.AP menyebutkan bahwa masih banyak desa yang menginginkan peningkatan ruas jalan, ketersediaan air bersih dan PLN. Hal tersebut disampaikan saat menghadiri kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan di Desa Nanga Mau Kecamatan Kayan Hilir, beberapa waktu yang lalu.

Lanjut Santosa, banyaknya desa yang ada di Kayan Hilir yang berjumlah 43 desa sehingga tidak mungkin semua bisa terakomodir, mengingat anggaran yang ada terbatas, jadi masih ada beberapa desa yang belum menerima program pembangunan di tahun 2020 ini,” ungkap pria yang akrab di sapa Santo ini.

Dalam Musrenbang kali ini lanjut Santo melihat persoalan dan usulan masyarakat berdasarkan hasil musrenbang di desa masing-masing ternyata masih kurang lebih sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Masih seperti tahun-tahun sebelumnya insfrastruktur jadi poin besarnya. Contoh, permintaan desa untuk dapatkan peningkatan ruas jalan menjadi keluhan dasar masyarakat di Kayan, selain itu air bersih dan PLN” tambahnya.

Dalam kedudukannya sebagai wakil rakyat, terkhusus karna dirinya berasal dari daerah pemilihan Kayan Hilir dan Kayan Hulu, Santosa menyampaikan bahwa ia dan rekan-rekannya yang lain akan berusaha keras untuk memperjuangkan usulan dan permintaan masyarakat tersebut di pemerintah daerah tingkat kabupaten. Ia juga akan berusaha membantu melalui penyaluran pokok-pokok pikirannya selaku anggota DPRD.

“Tentu kami sebagai Wakil Rakyat dari Dapil Kayan yang diberi amanah untuk menyuarakan aspirasi dari masyarakat Kayan, akan mendorong hasil Musrenbang ini kepada pemerintah agar dapat kiranya melakukan pemerataan pembangunan di setiap desa yang ada di Kayan. Pada tahun 2021 kita akan mengusahakan minimal 1 desa mendapatkan 1 program pembangunan dari pemerintah daerah untuk 391 desa yang ada di Kabupaten Sintang ini agar rasa keadilan dapat terwujud,” pungkasnya. (*)