Senen Maryono Harap Nilai Pancasila Ditanamkan dalam Diri Pelajar Sejak Dini

oleh
oleh
Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Senen Maryono turut menghadiri kegiatan  deklarasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Program Sekolah Penggerak Sekolah Menengah Pertama Angkatan 1, 2 dan 3 se- Kabupaten Sintang pada Rabu, 15 November 2023 di Gedung Pancasila Sintang. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Kartiyus.

SINTANG,KN–Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Senen Maryono turut menghadiri kegiatan  deklarasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Program Sekolah Penggerak Sekolah Menengah Pertama Angkatan 1, 2 dan 3 se- Kabupaten Sintang pada Rabu, 15 November 2023 di Gedung Pancasila Sintang.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Kartiyus.

Deklarasi dihadiri Yustinus Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Perwakilan Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemkab Sintang, Kepala SMP Se Kabupaten Sintang dan para pendidik.

“Saya memandang kegiatan ini sangat positif karena negeri ini dibangun dalam kemajemukan harus ada kebersamaan, ada persatuan gotong royong ini harus ditanam sejak dini pada pelajar,” kata Senen Maryono.

Menurut Legislator Partai Amanat Nasional (PAN) ini, mendidik anak harus dengan hati  kemudian, kenalkan nilai-nilai Pancasila kepada anak didik sejak dini. “Contohnya, ada nilai Pancasila soal gotong royong. Itu sudah sejak dulu ada, seperti nilai gotong royong selalu begitu. Bekerja berat pun jadi ringan,” jelasnya.

Soal keberagaman suku, budaya, bahasa dan agama juga perlu ditanamkan sejak dini di sekolah. Supaya, anak-anak mengerti bahwa perbedaan itu adalah modal persatuan yang wajib dipupuk dan dirawat supaya tidak tercerai berai.

“Perbedaan yang ada beragam suku agama dan bahasa itu dirajut menjadi satu persatuan. Nah ini penting. Jadi mulai sejak dini mulai dari TK, SD, SMP sampai besar pelajar semuanya harus terwujud nilai Pancasila,” kata Senen.