Terdapat 11 Kasus Baru Covid-19 di Melawi, 10 Diantaranya Klaster Polisi

oleh

Melawi, KN – Penyebaran virus corona (Covid-19) di Melawi, Kalimantan Barat, semakin menjadi-jadi. Dari hari ke hari mengalami peningkatan orang yang terkonfirmasi positif.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Melawi, dr. Ahmad Jawahir, kembali mengumumkan penambahan kasus positif baru virus corona sebanyak 11 orang di daerah itu.

“Untuk hari ini yang terkonfirmasi positif Covid-19 berasal dari klaster baru ditemukan 10 orang dari Polres Melawi dan 1 orang dari warga sipil,” ujar dr. Ahmad Jawahir, Senin (5/10) di gedung Dinkes Melawi.

Ia mengungkapkan, ada 10 kasus baru ditemukan di klaster Polres Melawi yang melibatkan anggota kepolisian istri dan anak yang bertugas di markas tersebut dan di Samsat Melawi, setelah menjalani swab di Sintang. Sedangkan 1 orang lagi warga sipil menjalani swab di Pontianak.

Adapun 11 tambahan kasus positif itu, yakni 9 laki-laki dan dua perempuan masing-masing berdomisili si Kecamatan Nanga Pinoh dan Belimbing serta di Pontianak.

“PCR 035 (53) laki-laki alamat asrama Polres Melawi, PCR 036 (23) laki-laki asal Desa Menunuk, Belimbing, PCR 037 (33) laki-laki alamat Desa Tanjung Niaga, Nanga Pinoh, PCR 038 (39) laki-laki domisili Desa Baru, Nanga Pinoh, PCR 039 (40) laki-laki domisili Desa Kelakik, Nanga Pinoh, PCR 040 (38) alamat Desa Paal, Nanga Pinoh, PCR 041 (37) laki-laki domisili Desa Kelakik, Nanga Pinoh, PCR 042 (48) laki-laki alamat Desa Paal, Nanga Pinoh, PCR 043 (32) perempuan, domisiii Desa Baru, Nanga Pinoh, PCR 044 (6) laki-laki domisili Desa Baru, Nanga Pinoh dan PCR 045 (24) perempuan, asal Desa Guhung, Belimbing, domisili di Pontianak,” sebutnya.

Ia menuturkan, 10 orang klaster Polisi rersebut saat ini sedang menjalani karantina perawatan di gedung penanganan Covid-19 Melawi di Desa Kenual, sedangkan 1 warga lainnya menjalani karantina di Pontianak.

Terkait tracing, lanjut Jawahir, pihaknya secepatnya akan melakukan swab baru kepada siapa kontak langsung pasien positif Covid-19 itu.

Sebelumnya diumumkan, ada 4 warga Melawi yang terkonfirmasi positif-19 sedang menjalani perawatan dan karantina hingga saat ini.

Dengan demikian, total pasien positif Covid-19 di Melawi saat ini mencapai 45 orang dengan rincian 30 orang di antaranya dinyatakan sembuh dan 15 orang sedang menjalani karantina perawatan.

Ia mengimbau, karena corona belum berakhir, maka diwajibkan kepada seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 seperti pakai masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dan menghindari kerumunan.

Terpisah,

Kapolres Melawi, AKBP Tris Supriadi mengatakan, sejak ada informasi anggotanya terkonfirmasi positif Covid-19, sejak Kamis (1/10) lalu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinkes Sintang untuk dilakukan swab pada personel yang kontak erat. Swab dilakukan sejak Jumat hingga Sabtu pekan lalu, termasuk pada dirinya, Wakapolres, serta PJU Polres Melawi dengan swab di Sintang untuk percepatan hasil.

“Kami juga sudah koordinasi dengan Pjs Bupati Melawi, besok (Selasa) secara serentak akan dilakukan swab pada seluruh anggota,” katanya.

Hasil swab ini, kata Tris memang beberapa dinyatakan negatif, sementara ada anggota yang Positif.

“Kami akan berusaha maksimal mungkin pada anggota yang menjalani karantina untuk mendapatkan perhatian secara maksimal,” katanya. (Dir)

No More Posts Available.

No more pages to load.