Tetapkan Propemperda, Berikut 14 Raperda yang Akan Dibahas Tahun 2024

oleh
oleh
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, menggelar rapat paripurna ke-16 masa persidangan III tahun 2023 dalam rangka penetapan program pembentukan peraturan daerah (Propemperda) Kabupaten Sintang, tahun  2024. Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny diikuti sejumlah anggota dan Wakil Bupati Sintang.

SINTANG, KN-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, menggelar rapat paripurna ke-16 masa persidangan III tahun 2023 dalam rangka penetapan program pembentukan peraturan daerah (Propemperda) Kabupaten Sintang, tahun  2024.

Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny diikuti sejumlah anggota dan Wakil Bupati Sintang.

“Sesuai hasil rapat kerja badan pembentukan perda DPRD Sintang dengan satuan kerja perangkat daerah dan unit kerja pemrakarsa, disepakati bersama bahwa Propemperda ada 14, berdasarkan perioritas raperda untuk dibahas pada tahun anggaran 2024 mendatang,” kata Ronny.

Menurut Ronny, pembentukan Propemperda ini merupakan tahap awal pembentukan peraturan daerah, yang memiliki peran sangat strategis dan menjadi salah satu alat dalam melakukan pengaturan dalam pembangunan sosial melalui regulssi daerah yang baik dan benar.

“Harapannya, kedepan dapat terwujud masyarakat daerah hang mampu serta menjawab perubahan dengan cepat menuju good lokal governance sebagai bagian ari oembanfunan berkelanjutan,” jelas Ronny.

Ronny menegaskan, program pembentukan Perda tidak saja sebagai wadah politik hukum di daerah atau potret rencana pembangunan materi hukum. Tetapi, juga merupakan instrumen  yang mencakup mekanisme perencanaan hukum agar selalu konsisten dengan tujuan dan cita hukum yang mendasar, serta sesuai dengan arah pembangunan daerah.

Berikut 14 Raperda yang akan Dibahas pada 2024:

  1. Raperda tentang pembinaan jasa kontruksi
  2. Raperda tentang penyelenggaraan kabupaten layak anak
  3. Raperda tentang perlindungan anak
  4. Raperda tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah kabupaten sintang tahun 2025-2045
  5. Raperda tentang pembentukan badan riset dan inovasi daerag
  6. Raperda tentang perubahan atas perda nomor 7 tahu  2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah kabupaten sintang.
  7. Raperda tentang penyertaan modal pemerintah daerah pada perusahaan umum daerah air minum tirta senentsng kabupaten sintnag tahun anggaran 2025-2029.
  8. Raperda tentang penyertaan modal pemda pada perseorangan terbatas penjamin kredit daerah kalbar tahun anggaran 2025.
  9. Raperda tentang fasikitasu pelayanan jemaah haji
  10. Raperda tentang pengelolaan zakat
  11. Raperda tentang perubahan atas perda nomor 13 tahu  2017 tentang ketertiban umum.
  12. Raperda pertanggungjawab pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten sintnag tahu  2023.
  13. Raperda tentang perubahan anggaran pendapatan belajar daerah tahun 2024.
  14. Raperda tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2025