Wujudkan Harapan Rakyat, Jembatan Melawi 2 Terus Berlanjut

oleh
Bongkar muat sejunlah rangka baja jembatan Melawi 2. (Ist)

Melawi, KN – Harapan rakyat terhadap pembangunan jembatan Melawi 2, terus diwujudkan, di era kepemimpinan Bupati Melawi, Panji. Terbukti, saat ini progres Pembangunan jembatan Melawi 2 masih berjalan. Rangka baja untuk jembatan itupun sudah mulai tiba di lokasi pekerjaan, tepatnya di kawasan Desa Kelakik, Kecamatan Nanga Pinoh, Melawi.

Rangka baja jembatan yang sudah ada di lokasi pembangunan jembatan Melawi 2. (Dedi Irawan)

Rangka baja ini menjadi keseriusan Pemkab Melawi menyelesaikan jembatan Melawi 2 yang menghubungkan kecamatan Nanga Pinoh dan Pinoh Utara.
Tender pengadaan rangka baja sekaligus mobilisasi rangka ke Melawi ini dimenangkan PT Semesta Tunggal Perkasa dengan nilai kontrak sebesar Rp 25 Miliar lebih. Rangka baja jembatan ini kita beli di pabrik PT. Yambala Indonesia Bekasi. Saat ini sudah tahap mobilisasi ke kabupaten Melawi. Bahkan sebagian rangka sudah ada yang bongkar lokasi jembatan.

Kontraktor pelaksana, Donisius Joni menuturkan seluruh bagian rangka jembatan ini diperkirakan akan tiba di Melawi sekitar akhir September ini, sedangkan pemasangan rangka baja ini akan dilakukan tahun 2021. Totalnya kurang lebih 500 ton. Ada empat bentang rangka jembatan Melawi 2 dengan panjang masing-masing 60 meter.

“Rangka ini memang datangnya bertahap ke Melawi karena menyesuaikan kapasitas kapal angkut,” paparnya.

Lebih lanjut Joni menerangkan, dalam kontrak kerja, PT Semesta Tunggal Perkasa tak hanya memesan dan mendatangkan rangka baja, tapi juga melaksanakan pengecoran badan jalan menuju lokasi jembatan sekaligus pengaspalan.

“Kalau proses lelang pekerjaan lanjutan jembatan ini tidak molor, maka tahun depan kita perkirakan di bulan April atau Mei 2021 pemasangan rangka baja jembatan ini sudah selesai dan siap dimanfaatkan masyarakat,” paparnya.

Hingga saat ini, lanjutnya, proses pengerjaan jembatan itu masih terus berlangsung. Sedangkan di seberang jembatan (wilayah Kecamatan Pinoh Utara) ada pekerjaan pemasangan barau dengan penimbunan.

Ia menambahkan, proses pengerjaan jembatan ini dapat berjalan lancar dan selesai tepat waktu. Sehingga tahun 2021 dapat langsung dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat Melawi pada umumnya. (Dir)