Deklarasi Kampanye Damai, Kapolsek Kelam Siap Sambangi 17 Desa

oleh
Deklarasi Kampanye Damai yang dilakukan Oleh Polsek Kelam Permai

SINTANG – Polsek Kelam Permai, Polres Sintang menggelar deklarasi kampanye damai Pileg dan Pilpres 2019 di 17 desa yang ada di wilayah Kecamatan Kelam Permai, Rabu (14/11/2018) bertempat di kantor Desa Kebong.

Deklarasi kampanye pemilu damai dihadiri oleh Kades Kebong beserta perangkat desa,Tomas, Todat, Tim Sukses Caleg Desa Kebong beserta masyarakat Desa Kebong.

Kapolsek Kelam Permai Iptu Hariyanto mengatakan, deklarasi kampanye damai ini langkah awal yang baik untuk mewujudkan kontestasi Pileg dan Pilpres 2019 yang berkualitas.

“Ini awal yang baik untuk sebuah proses panjang kampanye baik pilpres maupun pileg 2019 agar nanti menghasilkan pemimpin yang baik,” tutur Kapolsek.

Menurut Kapolsek yang selalu dekat dengan jurnalis ini berharap, isi deklarasi kampanye damai tidak sekadar diikrarkan tetapi juga direalisasikan, sehingga tidak ada lagi hoax maupun hatespeech,” tambahnya.

Lanjut Kapolsek, ada empat poin yang termuat dalam deklarasi kampanye damai Pileg dan Pilpres 2019. Pertama, mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil tanpa ada tekanan kepada siapapun karena memilih dan dipilih adalah hak setiap warga negara.

Kedua, melaksanakan kampanye pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas tanpa hoax politisasi SARA, dan uang.

Ketiga, melaksanakan kampanye berdasarkan peraturan dan perundangan yang berlaku.

Keempat, mendukung dan turut serta menjaga dan memelihara situasi kamtibmas agar aman dan kondusif diwilayah hukum Polsek Kelam Permai.

Kegiatan deklarasi pemilu damai ini akan dilaksanakan di 17 desa yang tersebar di Kecamatan Kelam Permai sesuai jadwal yang sudah direncanakan.

Kapolsek juga menambahkan, pihaknya mendukung pemerintah secara keseluruhan baik pusat, provinsi dan kabupaten kota.

“Kita menjamin mengawal suhu politik agar teduh, aman damai dan sejuk, Polisi dibantu TNI akan melaksanakan serangkaian kegiatan pengamanan Pemilu 2019 nanti,” kata Hariyanto.

Terpisah Anggota DPRD Sintang, Markus Jembari saat di hubungi via WhasApp menyambut baik atas deklarasi damai yang di selenggarakan oleh Polsek Kelam Permai.

“Ini sangat baik, dengan diadakannya deklarasi kampanye damai ini paling tidak masyarakat tahu supaya dapat menjaga kamtibmas paling tidak di wilayah desanya masing-masing”, kata Markus.

Lanjut politisi Partai Demokrat ini, Ia berharap deklarasi damai ini tidak hanya dilakukan di Wilayah Hukum Polsek Kelam saja akan tetapi dapat dilaksanakan oleh polsek-polsek yang ada di Kabupaten Sintang.

“Ini sangat penting, supaya masyarakat dalam menentukan pilihan tidak di bawah tekanan oleh oknum-oknum yang akan merusak pesta demokrasi”, ucap Markus. (Rl)