Dewan Apresiasi Atas Keberhasilan Pihak Kepolisian Menggungkap Pelaku Kejahatan

oleh
Welbertus

SINTANG, KN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Welbertus mengapresiasi keberhasilan pihak kepolisian dalam mengungkap para pelaku kejahatan di Sintang.

Tentunya, kata Welbertus, merupakan suatu prestasi sendiri bagi pihak kepolisian. “Ini merupakan suatu prestasi ya bagi Polres Sintang. Saya sebagai wakil rakyat sangat mengapresiasi sekali langkah-langkah yang sudah diambil kepolisian dalam menciptakan situasi yang aman, nyaman, dan kondusif,” ujar Welbertus Rabu (23/10/2019) usai mengikuti pembukaan Jemelak Expo 2019 di Kelurahan Akcaya.

Kendati demikian, masyarakat juga diharapkan dapat bekerjasama dengan pihak kepolisian. Sebab untuk menciptakan suatu wilayah yang kondusif tidak hanya menajdi tugasnya pihak keamanan. Tetapi masyarakat juga harus ikut andil dalam ihwal tersebut.

“Ketika masyarakat melihat potensi dan kejanggalan yang ada, mestinya masyarakat cepat memberikan informasi itu kepada pihak kepolisian. Artinya kerjasama masyarakat dan pihak keamanan tetap terjalin dengan baik,” katanya.

Selain itu, Welbertus juga meminta kepada masyarakat untuk tidak lengah dengan lingkungan sekitar. Sebab yang namanya kejahatan tidak tahu kapan dan bagaimana terjadinya. Karena itu, diharapkan agar selalu waspada. “Kalau bisa tingkatkan selalu kewaspadaan kita,” ajaknya.

Kapolres Sintang, AKBP Adhe Hariadi mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada maupun mengawasi kendaraan miliknya yang berada di lokasi rumah maupun tempat-tempat yang berada dalam jarak pandangnya.

Hal ini untuk mencegah terjadinya tindak pidana pencurian sepeda motor.“Selalu berhati-hati dengan kendaraan yang anda miliki. Pastikan selalu terkunci dan tetap waspada jika ditaruh di luar rumah,” pesannya.

Ia juga mengatakan agar pengendara sepeda motor membawa kunci ganda untuk keamanan kendaraan. Selain itu bisa juga dipasang alarm atau keamanan kendaraan lainnya.

“Sebisa mungkin kendaraan selalu dalam pengawasan,” pungakasnya. (ex)