Dewan Dukung Peningkatan Peran Ekonomi Masyarakat Adat

oleh
Jeffray Edward

SINTANG – Angka kemiskinan di Kabupaten Sintang masih relatih tinggi. Tentu ini menjadi tugas Pemerintah Daerah (Pemda) untuk menekannya. Salah satu contoh dengan meningkatan peran ekonomi masyarakat adat.

Hal tersebut disampaikan Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Keuangan, Syamsul Hadi, saat membuka acara seminar mengenai peran ekonomi masyarakat adat dalam pembangunan Sintang Lestari, di Meeting Room Hotel My Home Sintang, Kamis (25/4/2019).

“Dengan meningkatkan peran ekonomi masyarakat adat, maka akan mampu memberi kontribusi positif dalam pembangunan Sintang Lestari,” ujarnya.

Syamsul juga menyebutkan, bahwa ada beberapa prioritas pembangunan yang pemerintah Sintang ingin lakukan. Diantaranya pada tahun 2020 akan melakukan peningkatan insfratruktur dasar, peningkatan ekonomi kreatif, peningkatan reformasi birokrasi dan Kabupaten Lestari.

“Masyarakat kita dorong untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti ekowisata,” katanya.

Selain itu, pemerintah juga memberikan payung hukum lewat Perbup, dimana salah satunya memberikan perlindungan kepada masyarakat adat untuk membuka lahan dengan cara membakar, dengan syarat luas lahan kurang dari dua hektare dan tanaman yang ditanam harus padi.

“Ini kita buat karena ada nilai kearifan lokal tentang kebersamaan dan gotong-royong pada proses tersebut,” jelasnya.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Jeffray Edward mengatakan, bahwa langkah Pemkab Sintang untuk menekan angka kemiskinan, salah satu cara dengan cara meningkatan peran ekonomi masyarakat adat merupakan langkah yang baik.

“Tentu hal tersebut sangat baik, karena dengan peran ekonomi masyarakat adat kita harapkan akan mampu memberi kontribusi positif dalam pembangunan Sintang Lestari,” ujar Jeffray.

Hanya saja kata Jeffray, untuk meningkatkan peran ekonomi masyarakat adat tersebut, benar-benar harus diperhatikan dan didukung sepenuhnya oleh pemerintah, sebab kalau tidak begitu akan sulit untuk terarah sesuai yang diharapkan.

“Tentu kita dari DPRD ini sangat mendukung langkah dari Pemkab Sintang. Apalagi kita ketahui pada tahun 2020 mendatakan, Pemkab akan melakukan peningkatan insfratruktur dasar, peningkatan ekonomi kreatif dan lain sebagainya, tentu ini sangat membantu sekali dalam menekan angka kemiskinan,” terangnya.

Maka dari itu, Jeffray berharap, apa yang direncanakan tersebut benar-benar dapat berjalan sesuai yang diharapkan, sehingga angka kemiskinan di Kabupaten Sintang dapat ditekan.

“Tentu kita harapkan semua element harus terlibat dalam merealisasikan rencana tersebut, karena kalau hanya pemerintah yang bergerak tanpa ada dukungan dari masyarakat, hal tersebut tidak akan terwujud,” pungkasnya. (*)