Dewan Dukung Produk Inovasi Tepat Guna

oleh

SINTANG KOTA – Penyuluh Pertanian Sintang telah meluncurkan sebua alat multi fungsi yang dapat digunakan untuk merontokan padi , memipil jangung, mengupas kedelei, meranjang singkong da memarut kelapa (Five in One). Produk inovasi di bidang pertanian ini dinamai Threser Multiguna.

Penyuluh Pertanian Sintang, Mardiana menerangkan produk inovasi tepat guna tersebut merupakan upaya untuk mendukung ketahanan pangan.

“untuk mendukung ketahanan pangan tidak lepas dari adanya dukungan teknologi, salah satunya tenkologi pasca panen sperti Threser ini. Namun untuk dapat merontok padi , jagung dan kedelei diperlukan 3 unit threser yang berarti memerlukan banyak biaya. Untuk itu perlu inovasi suapa ada alat pasca panen yang dapat digunakan untuk beberapa komoditas pangan,” bebernya.

Mardiana mengatakan, Threser Multiguna memiliki beberapa kunggulan, diantaranya Biaya Produksi yang murah, Mudah Dibuah dan Fleksibel bila tidak ada Linstrik daat menggunakan genset.

“Alat ini dibuat Gergaji dan perkakas, Gerinda dan dari bahan bekas sprti galon, Ban Mobil Bekas,’ paparnya.

Ketua DPRD Sintang Jeffray Edward mengatakan alat inovasi tepat guna pacsa panen seperti Threse Miltiguna ini akan sangat membantu masyarakat petani. Jffray berharap alat tersebut dapat diproduksi banyak oleh penyuluh dan disalurkan kepada kelolpok tadi di desa-desa.

“edukasikan juga ke kelompok tani alat dan bahan serta cara membuat alat ini,” pinta Jeffray.
Jeffray berharap alat inovasi tepat guna ini kedepanya dapat dikemas lebih baik lagi, sehingga dapat membatu masyarakat dalam kegiatan pertanian.

“kami harapkan inovasi seperti ini terus berkembang dan masyarakat dapat memanfaatkanya dalam kegiatan pertanian mereka. Tidak hanya dibidang pertanian, dibidang lainnya juga harus ada inovasinya,” tutup Jeffray. (Tim)