Dewan Harap Tenaga Pendidik Rajin Menulis Buku

oleh
Heri Maturida

SINTANG – Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang, telah mencanangkan untuk mewujudkan masyarakat Sintang yang cerdas. Maka dari itu, peran para guru menjadi sangat penting.

“Guru itu ujung tombak, garda terdepan dari proses mengupayakan masyarakat Sintang yang cerdas,” ujar Staf Ahli Bupati Sintang, Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Keuangan, Syamsul Hadi, saat membuka kegiatan workshop Guru Menulis Buku (Gulisku), di Aula MTSN Sintang, beberapa hari yang lalu.

Dikatakannya, bahwa memang sangat disayangkan kebiasaan menulis belum cukup baik di masyarakat, bahkan dikalangan pendidik. Meski buku adalah sesuatu yang wajib digunakan, khususnya di sekolah.

“Tapi semua itu kerja tim di penerbit, kita harapkan ke depannya para guru yang ikut dalam workshop ini, dapat berperan lebih aktif dalam menulis, khususnya yang bermuatan lokal,” harapnya.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Sintang, Heri Maturida mendukung sepenuhnya rencana Pemerintah Daerah (Pemda) Sintang untuk mewujudkan masyarakat Sintang yang cerdas.

Maka dari itu, ia juga meminta peran guru haruslah aktif untuk mewujudkan wacana tesebut. Salah satunya dengan rajin menulis. Karena guru merupakan panutan.

“Memang kita akui kebiasaan menulis belum cukup baik dikalangan pendidik. Maka dari itu, hal ini perlu disadari dan diresapi oleh para tenaga pendidik, supaya ke depan dapat mewujudkan masyarakat Sintang yang cerdas,” terangnya.

Dari kegiatan Guru Menulis Buku (Gulisku) ini pula, diharapkannya benar-benar dpat diaplikasikan oleh para guru. Jangan sampai begitu selesai workshopnya, tidak ada menghasilkan apa-apa.

“Mudahan para guru kita di Sintang ini mendapatkan pelajaran yang besar dari kegiatan tersebut, sehingga kebiasaan untuk menulis semakin meningkat,” jelasnya.

Kalau sudah begitu, maka kata Maturida akan berdampak positif untuk ke depannya, dimana para tenaga pendidik tersebut akan menjadi panutan yang baik bagi semua orang, sehingga untuk mewujudkan masyarakat Sintang yang cerdas dapat terwujud. (*)