Dewan Minta Pemerintah Perkuat Sistem Pengamanan di Perbatasan

oleh
oleh
Liyus

SINTANG – Maraknya peredaran barang ilegal di perbatasan Anggota DPRD Kabupaten Sintang Liyus meminta pemerintah untuk memperkuat sistem pengamanan dan keamanan di daerah perbatasan.

Menurut Liyus, wilayah perbatasan sering di jadikan tempat transaksi barang-barang ilegal bahkan barang terlarang sekalipun seperti Narkoba oleh sebab itu, sebagai wakil rakyat dari Dapil Binjai Hulu-Ketungau Hilir, Tengah dan Hulu meninta pemerintah memperkuat pengamanan dan keamanan di perbatasan.

“Salah satunya perdagaangan obat-obatan yang masih saja marak, bahkan masyarakat perbatasan masih ketergantungan pada produk malaysia secara otomatis memperkuat posisi ringgit dibanding rupaih,”kata Liyus pada media ini, Rabu (24/11/2018).

Lanjut Liyus di daerah Ketungau Hulu kabupaten Sintang, Kalbar, setiap hari warga didaerah tersebut lebih memilih menggunakan produk malaysia ketimbang indonesia karena selain murah jarak tempuh dan infrastruktur lebih mendukung belanja ke negara tetangga ketimbang di dalam negeri.

“Untuk mengantisipasi semuanya ini Pemerintah Pusat dan Daerah harus bersinergi dalam menyediakan akses yang layak seperti infrastruktur, sekaligus membuka keterisolasian daerah pedalaman perbatasan”.

Pemerintah wajib menyelesaikan infrastruktur jalan dan jembatan yang menghubungkan kecamatan yang ada di perbatasan, harap Politisi PKP Indonesia ini. (Ast)