Dewan Minta Pemkab Pelatihan Kepada Petani Lada

oleh
Ilustrasi/Net

SINTANG – Harga jual lada yang tinggi membuat petani bersemangat membuka kebun lada atau yang disebut dengan sahang, tak terkecuali yang ada di Kabupaten Sintang.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Terry Ibrahim mengatakan geliat yang tinggi dari masyarakat untuk berkebun sahang harus menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Sintang melalui Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sintang.

“Harga sahang naik, masyarakat pun semangat untuk berkebun sahang baik dalam skala besar maupun skala kecil, bahkan sudah ada yang panen,” ujarnya, Kamis (5/4).

Terry mengungkapkan Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sintang harus memberikan bimbingan atau pelatihan kepada petani lada sehingga masyarakat yang ingin berkebun lada dapat melakukannya dengan baik dan benar.

“Melalui PPL, instansi terkait bisa memberikan pelatihan kepada petani mengenai teknis bertani lada yang baik. Ini penting, karena tak semua petani mengetahui teknis bertani yang baik, kebanyakan hanya ikut-ikutan saja,” ucapnya.

Dengan adanya bimbingan dari instansi melalui PPL, lanjut Terry, petani akan mampu memahami bagaimana teknis bertani lada yang baik dan benar sehingga hasil panennya akan lebih maksimal.

“Ini menjadi peluang besar. Masyarakat akan melihat peluang ini untuk menambah penghasilan, sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran terlebih lagi diusia yang produktif,” tukasnya. (YL)