Dewan Sayangkan Pemkab Melawi Belum Lantik Sekwan Definitif

oleh
Wakil Ketua DPRD Melawi, Iif Usfayadi dan Bupati Melawi, Panji

MELAWI, KN – Pemerintah melawi telah melakukan pergeseran jabatan di lingkungan Pemkab melawi. hal itu dilakukan dengan adanya lentikan serta pengucapan sumpah janji 208 pejabat di pendopo Kamis kemarin (12/7/2019).

Namun dari jumlah tersebut, ternyata masih ada beberapa posisi yang kosong dan belum diisi oleh Pemkab Melawi. salah satunya adalah posisi Sekretaris Dewan (Sekwan).

Bupati Melawi, Panji, usai pelantikan menjelaskan, terkait maasih ada yang belum diisi seperti posisi Sekwan, Ia menjelaskan bahwa memang benar posisi Sekwan belum diisi. Dimana Ia sudah berkoordinasi ke BKN, KSN, yang mana nanti akan ada koordinasi kembali dengan dewan yang baru. Sebab rekomendasi sebelumnya dari teman-teman yang akan mengakhiri masa jabatannya.

“Semua itu tidak masalah. Cuma saya tidak mau melakukan sesuatunya nanti yang tidak sesuai mekanisme yang ada. jangan sampai nanti saya ditegur, atau disalahkan. Memang sudah ada rekomendasi dari teman-teman DPRD, Cuma itu hanya satu nama saja, saya tidak mengatakan itu salah, namun kita konsultasi kembali. Sehingga saya mendapatkan petunjuk bahwa itu harus dikonsultasi ulang,” jelasnya.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Melawi, Iif usfayadi, sangat menyayangkan jika ada sejumlah posisi yang sangat penting belum diisi oleh pemkab melawi atau belum dilantik. Seperti posisi Sekwan.

“Sangat disayangkan, salah satu pejabat yang sangat vital di lembaga legislatif yakni posisi Sekwan justru tidak diikut sertakan dalam prosesi pelantikan oleh Bupati Melawi,” ungkapnya.

Lebih lanjut Iif mengatakan, menurut seleksi yang telah dilakukan, kabarnya sudah di dapat tiga nama yang berpotensi menduduki posisi sebagai Sekwan. Bahkan Bupati juga sudah mengirim surat kepada pimpinan DPRD untuk mendapatkan rekomendasi.

“Pihak DPRD juga sudah memberikan rekomendasi tersebut. Seharusnya prosedur yang sudah dilalui untuk Sekwan definitif sudah dijalankan. Dan Seharusnya hari ini juga diikutsertakan dalam pelantikan” ujarnya.

Iif menegaskan, sudah seharusnya Sekwan DPRD Melawi itu definitif, karena berbagai agenda-agenda penting kedepan di lembaga DPRD Melawi itu sudah menanti. Baik berupa agenda Pembahasan APBD Perubahan, laporan pertanggung jawaban APBD, dan sejumlah agenda penting lainnya.

“Jadi harus secepatnya ada Sekwan definitip, itu yang sangat kita harapkan. Sehingga fungsi kelembagaan dapat berjalan maksimal,” ujar dia.

Hingga kini posisi Sekwan DPRD Melawi masih dijabat oleh Pelaksana tugas (Plt) yakni Ramdha Suhaimi. Sementara, tersiar kabar sejumlah nama yang lolos seleksi hasil untuk menduduki posisi Sekwan di DPRD Melawi yakni Dalyudi dan Syaiful Khair. (Ed/DD)