Dewan Siap Dukung Rencana Pembangunan Waterfrontcity

oleh
oleh
Abdurrazak

SINTANG – Adanya rencananya pembangunan waterfrontcity di Kabupaten Sintang dianggap menjadi kebutuhan bagi pengembangan kota pada masa mendatang.

“Penataan tepian sungai memang sudah jadi kebutuhan. Harus ada sinkronisasi antara Pemkab dan Pemprov dalam mewujudkannya. Intinya, kami mendukung adanya pembangunan tersebut,” ujar Abdurrazak, salah satu anggota DPRD Kabupaten Sintang belum lama ini.

Menurut politisi Partai Golongan Karya ini, waterfrontcity dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan daerah. Pasalnya, dengan dibangunnya waterfrontcity maka potensi wisata juga akan turut menggeliat.

“Jika potensi wisata meningkat maka peluang ekonomi juga akan meningkat. Khususnya disektor Usaha Kecil Menengah (UKM). Jadi antara pariwisata dan ekonomi akan saling menyokong,” ucapnya.

Meskipun demikian, Razak menyampaikan untuk membangun waterfrontcity tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit terlebih lagi jika mengandalkan APBD. Untuk itu, perlu keterlibatan semua pihak dalam melakukan pembangunan waterfrontcity.

“CSR perusahaan bisa digunakan untuk membantu pembangunan waterfrontcity karena nantinya akan dijadikan fasilitas publik. Dengan dilengkapi Ruang Terbuka Hijau (RTH) maka adanya waterfrontcity jadi wajah indah di Bumi Senentang ini,” katanya.

Selain masalah dana, menurut Razak, perencanaan pembangunan waterfrontcity harus dilakukan dengan matang dan menyesuaikan dengan tanah dan dibuat tahan terhadap kondisi alam. Jika tidak, maka hasilnya pembangunan waterfrontcity tidak maksimal bahkan mungkin bisa gagal.

“Semua sektor perlu dilibatkan dalam perancangan waterfroncity. Sinergisitas menjadi penting karena merupakan awal dari pembangunan berkelanjutan. Kehadiran waterfroncity tidak akan maksimal bila tanpa ditopang dengan kesiapan masyarakat. Jadi, lanjutnya, grand design awal sangat menentukan,” tukasnya. (YF)