Generasi Muda Saat Ini Minim Berwirausaha

oleh
oleh
Wakil Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward

SINTANG – Ketua DPRD Kabupaten Sintang Jeffray Edward meminta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) untuk menyiapkan generasi berjiwa wirausaha. Salah satunya dengan menyiapkan sejumlah pendidikan keterampilan.

Menurutnya selama ini generasi sekarang yang berjiwa wirausaha masih sangat minim sebab orientasi mereka begitu selesai kuliah ingin masuk ASN. Padahal hal tersebut berbanding terbalik dengan peluang kerja untuk menjadi ASN.

“Untuk masuk ASN saja kita harus bersaing dengn orang luar. Sementara peluang untuk menjadi ASN sangat sulit. Jadi generasi muda harus berjiwa wiraswasta sebab pelungnya masih banyak,”katanya belum lama ini.

Sejauh ini lanjutnya masyarakat masih menganggap pendidikan formal lebih penting dari pada pendidikan keterampilan sehingga membuat generasi muda lebih banyak sebagai pencari kerja bukan menciptakan lapangan kerja.

“Nah, kedepan mainsed ini harus dirubah sehingga peluang untuk menciptakan lapangan kerja sebakin terbuka lebar,”jelasnya.

Selain itu lanjut Politisi PDI Perjuangan ini juga mengapresiasi OPD yang selama ini telah melaksanakan pelatihan diberbagai bidang. Hal tersebut lanjutnya perlu ditingkatkan kembali.

“Supaya kedepan minat genersi muda semakin meningkat untuk menciptakan lapangan kerja sendiri,”tukasnya. (Ok)