Guntur: Para Pencari Ikan di Sungai Harus Gunakan Peralatan Keselamatan

oleh
HONORATUS GUNTUR

SINTANG – Anggota Bhabinkamtibmas Kepolisian Sektor Serawai memberikan himbauan kepada masyarakat. Himbauan tersebut diberikan mengingat adanya insiden tenggelamnya seorang pencari ikan di Sungai Melawi beberapa hari lalu.

Kedua Bhabinkamtibmas Polsek Serawai yaitu Brigadir Sidik dan Brigadir Horong meminta kepada warga untuk tidak meremehkan peralatan keselamatan dalam mencari ikan di sungai.

“Ada beberapa hal yang harus di perhatikan ketika mencari ikan yaitu cuaca dan tentunya perlengkapan keselamatan seperti bahu pelampung. Sebisa mungkin ketika pergi memancing tidak sendirian, harus ada teman minimal satu orang,” ujar Brigadir Sidik.

Peristiwa tersebut juga mendapat perhatian dari Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Honoratus Guntur. Guntur berharap masyarakat yang akan mencari ikan di sungai tidak mengabaikan keselamatannya sehingga hal serupa dapat dihindari.

“Selain hobby, ada juga warga yang mencari ikan karena mata pencaharian. Untuk itu, saya pribadi berharap warga dapat memperhatikan keselamatan seperti menyiapkan baju pelampung meskipun bisa berenang,” ucapnya.

Politisi dari Partai Nasdem ini mengatakan pentingnya menyiapkan peralatan keselamatan ketika akan memancing karena dengan begitu kita dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan di air.

“Baju pelampung digunakan untuk keselamatan diri misalnya jika perahu terbalik maka sudah ada persiapan keselamatan. Jadi, jangan abaikan baju pelampung,” tuturnya.

Sebelumnya, Sabtu lalu (5/5) telah ditemukan mayat dalam keadaan mengambang di Sungai melawi dan diketahui bernama Samin (70). Dirinya pergi dari rumah pada kamis tanggal (3/5) sekitar jam 18.15 WIB untuk mencari ikan di Sungai Melawi dengan menggunakan perahu. (Yl)