Herimaturida: Perlu Kerja Sama Tangani Anak Putus Sekolah

oleh
oleh
Herimaturida

SINTANG – Putus sekolah tentu menjadi salah satu permasalahan dalam membina generasi muda menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang tangguh sehingga mampu menghadapi persaingan bebas di era globalisasi.

Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Sintang, Herimaturida mengungkapkan perlu ada kerjasama semua lini terutama antara Pendidikan Formal dan Pendidikan Non Formal sehingga permasalahan putus sekolah di Kabupaten Sintang dapat diatasi.

“Dengan kerjasama yang baik antara pendidikan formal dengan nonformal menjadi jawaban dalam meminimalisir terjadinya putus sekolah, misalnya, siswa yang tak masuk di sekolah formal dapat diterima dalam pendidikan kesetaraan,” ujarnya belum lama ini.

Untuk itu, Herimaturida berharap Pemerintah melalui instansi terkait dapat lebih serius dalam menangani permasalahan putus sekolah. Hal tersebut penting dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas SDM daerah di masa mendatang,” ucapnya.

Menurutnya, selain untuk meningkatkan SDM yang berilmu dan berdaya saing, pendidikan juga dibutuhkan untuk melahirkan manusia-manusia berkarakter, bersikap kritis dan memperjuangkan ilmu.

“Tujuan dan misi pendidikan nasional, seperti yang termuat dalam UUD 1945, adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goal’s (SDG’s) 2030 menghendaki seluruh warga dunia bisa mengenyam pendidikan,” tukasnya. (YL)