Hindari Penyalahgunaan Narkoba dan Pergaulan Bebas

oleh
Terry Ibrahim

SINTANG – Wakil Ketua DPRD Sintang, Terry Ibrahim sangat mendukung Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang peduli terhadap peyalahgunaan narkotika.

“Saya mengucapkan apresiasi kepada Bariasan Pemuda Peduli Anti Narkotika (Belantik) yang di Lounching oleh Bupati Sintang pada 14 Noverber 2018 kemarin di Gedung Seni Komplek Stadion Sintang.

Dia berharap hadirnya Belantik di Kabupaten Sintang kiranya dapat menjalik kerja sama dengan BBNK maupun pihak yang berwajib guna memberikan pemahaman yang baik kepada generasi muda.

Terry juga menuturkan kedepan persaingan dunia kerja semakin ketat, untuk dapat bersaing, generasi muda harus memiliki kualitas sumber daya yang memadai.

Dalam pergaulan Terry mengharapakn pada generasi muda untuk dapat memilah secara selektif, dia menilai pergaulan yang tidak sehat adalah jalan penyebaran dan penyalahgunaan narkotika.

“generasi muda harus menghindari pergaulan bebas artinya harus dapat memilah secara selektif terhadap orang-orang dalam pergaulan sebab pergaulan bebas adalah sarana atau wadah penyebaran dan penyalahgunaan narkotika.”

Sebagai upaya pencegahan terciptanya prilaku negatif pada generasi muda lanjut Terry, tidak terlepas dari peranan orang tua. Ia meminta pada para orang tua untuk mendeteksi anak dalam pergaulan.

“Peranan orang tua dan keluarga sangat penting, mereka adalah orang terdekat yang harus memberikan pemahaman tentang prilaku negatif sebagai langkah pencegahan dan antisipasi. Keluarga harus mendeteksi anak-anaknya dalam pergaulan. Disamping itu pada generasi muda sangat perlu memperkuat iman agamanya, sebab iman adalah pertahanan terakhir,” terangnya. (Ast)