Ini tanggapan Dewan Soal PLBN Sungai Kelik Dibangun Tipe B

oleh
oleh
MELKIANUS

SINTANG, KN – Kepastian akan dibangunnya tipe B Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sungai Kelik, yang berada di Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, mendapat apresiasi dari anggota DPRD Sintang, Melkianus.

Menurut dewan dapil perbatasan (Ketungau-Binjai) ini, bahwa awalnya memang PLBN tersebut akan dibangun tipe C. Oleh sebab itu, masyarakat di wilayah timur Kalbar, khususnya yang tinggal di perbatasan merasa agak kecewa.

“Kami tentu mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat karena telah mengabulkan usulan Pemerintah Daerah (Pemda) Sintang untuk PLBN Sungai Kelik ini dibuka dengan tipe B,” ujarnya saat ditemui di Kantor DPRD, Rabu (9/10/2019).

Dibangunnya tipe B ini menurut Melkianus, akan membuka ruang untuk masyarakat perbatasan agar bisa tekoneksi dengan negara tetangga Malaysia.

“Dengan tipe B ini kendaraan bisa berlalu lintas langsung ke negara tetangga,” katanya.

Dampak positif lainnya pun pasti akan sangat besar, terutama kata Politisi Golkar ini soal infrastruktur jalan. Selama ini banyak infrastruktur jalan dibebankan kepada Pemda Sintang. Tentu Pemda tidak mampu untuk mengaggarkan itu semua, karena APBD Kabupaten Sintang kecil.

“Dengan dibangunnya tipe B ini, infrastruktur pasti akan sangat baik, karena juga akan dibangun pemerintah pusat. Perekonomian masyarakat perbatasan pun juga akan memingkat,” katanya.

Ia pun berharap, pembangunan tidak hanya sampai di situ saja, tapi harus berkelanjutan, sehingga masyarakat dapat menjaga daerah perbatasan yang selama ini sering menjadi konflik dengan negara tetangga.

“Kita juga meminta kepada masyarakat, untuk mendukung ketika ada pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah, baik pusat, provinsi maupun kabupaten, serta dapat menjaga apa yang sudah diberikan pemerintah ini,” terangnya.

Dengan begitu, masyarakat perbatasan kata Melkianus akan merasakan dampak dari pembangunan yang ada itu. “Kami dari DPRD juga akan membantu sesuai dengan tupoksi kami dalam membangun Sintang. baik untuk infrastruktur dan lainnya,” pungkasnya. (*)