Jalan Poros Dusun Sungai Nangka Ambruk

oleh
oleh
Jalan poros Dusun Sungai Nuak yang ambruk karena trjadinya abrasi di Sungai Nangka

MELAWI – Kondisi jalan ambruk di dusun Dusun Sungai Nangka Desa Domet Permai Kecamatan Ella Hilir hingga kini belum juga diperbaiki sejak pasca banjir yang membuat abrasi pada tahun 2017 lalu.

Kondisi ambruknya jalan tersebut membuat warga merasa kesulitan atau hambatan, meskipun begitu, tak juga diperbaiki pemerintah.

“Jalan poros Dusun Sungai Nangka Desa Domet Permai ambruk akibat banjir yang melanda sejumlah desa di Melawi di tahun 2017 lalu. Jalan yang sebelumnya memang sudah mengalami kerusakan itu, kini masih dalam kondisi terbelah. Usaha masyarakat secara gotong royong untuk membuat barau [un tak bertahan lama,” kata seorang warga Desa Domet Permai, Eko Rudiansyah, Senin (20/8).

Lebih Lanjut Ia mengatakan, jalan yang ditepi sungai nangka tersebut, ambruk karena abrasi yang terjadi di sungai tersebut, yang kemungkinan karena tanah-tanah yang berada di tepi sungai terseret arus air yang deras.

“Jalan itu memang sudah lama rusak, namun tidak sampai terbelah begitu. Ketika sehabis banjir 2017 lalu tanahnya longsor sehingga membuat jalan itu ambruk. Sehingga transportasi masyarakat menjadi teerhambat hingga saatini,” jelasnya.

Eko mengatakan, dengan bergotong royong, masyarakat berusaha melakukan pembarauan agar tanah jalan tersebut tidak semakin ambruk hingga membuat jalan tersebut putus. Namun sayangnya, dana gotong royong masyarakat seadanya tidaklah cukup.

“Dana yang dikumpulkan masyarakat seadanya tidaklah cukup, sehingga baraupun dilakukan dengan bahan kayu seadanya. Kami berharap pemkab Melawi bisa segera membuat barau beton di jalan tersebut, dan memperbaiki jalan itu. Sebab jika tidak segera diperbaiki, maka bisa-bbisa jalan tersebut putus,” paparnya.

Sementara itu, dengan kondisi jalan yang ambruk, maka membuat keesulitan bagi warga yang ingin melalui jalan tersebut. menggunakan motor sudah tidak bisa lagi, kalaupun bisa harus ekstra hati hati. Apalagi menggunakan mobil, tidak bisa melalui jalan tersebut. ini merupakan jalan utama masuk ke Dusun Sungai Nangka,”ujarnya.

Eko mengaku sudah menyampaikan kondisi jalan tersebut kepada Ketua DPRD, dengan harapan aka nada upaya untuk mempeerbaiki jalan tersebut. Namun belum juga ada tindakan.

“Kita haranya bisa memohon dan mengharapkan agar asporasi kita didengar dan bisa dilaksanakan. Namun hingga kini belum diperbaiki. Kita juga berharap pemerintah Melawi bisa mengambil tindakan memperbaikinya,” pungkasnya. (Ed/KN)