Jeffray Ajak Masyarakat Ciptakan Lingkungan Hijau

oleh
oleh
Wakil Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward

SINTANG- Ketua DPRD Kabupaten Sintang Jeffray Edward, mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Sintang mengoptimalkan perkarangan rumah menjadi lingkungan hijau. Menurutnya mengoptimalkan lahan perkarangan rumah sebagai lahan yang produktif dan dapat menunjang kebutuhan Keluarga.

“Kita harus mengubah pola dari masyarakat yang konsumtif dan serba instan menjadi masyarakat yang produktif untuk memenuhi kebutuhan belanja keluarga, khusunya dalam penyediaan sayur –mayur yang bisa kita dapatkan dari pengoptimalan perkarangan rumah,” kata Jeffray baru-baru ini.

Diaukunya memang, untuk memaksimalkan pemanfaatan lahan dan membangun kesadaran masyarakat untuk mulai memanfaatkan lahan pekarangan harus dilakukan dengan serius. Sebab, saat ini yang menjadi masalah bukan ketersediaan lahan pekarangan, tapi lebih kepada mindset atau pola pikir masyarakat yang cenderung berpikir praktis namun konsumtif.

“Ini hal sederhana, tapi untuk memaksimalkan pemanfaatan lahan ini memang harus diseriusi. Karena pernasalahannya bukan tidak ada pekarangan, tapi mindset dan kebiasaan masyarakat. Padahal kalau halaman termanfaatkan, maka kebutuhan akan sayur-sayuran sehari-hari bisa terpenuhi dan lebih sehat karena tidak menggunakan pestisida,” katanya.

kegiatan berkebun sayuran di halaman rumah manfaatnya sangat banyak. Selain mudah dilakukan, kegiatan ini dapat pula menjadi wadah menyalurkan hobi. Secara tidak langsung, kita dapat melakukan olah tubuh sederhana (semacam olahraga ringan) dan yang utama adalah memanfaatkan pekarangan rumah secara optimal.

Ia menilai dengan memanfaatkan tanaman di pekarangan rumah bisa menghemat pengeluaran keluarga sehingga uangnya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya. “Artinya jika kebutuhan rumah bisa diambil dari pekarangan rumah maka ketahanan pangan keluarga akan terjaga dan mandiri,” katanya.

Politisi PDI Perjuangan ini juga menyampaikan, bahwa pemanfaatan pekarangan rumah untuk kebun sayuran, secara berkesinambungan juga akan menekan laju pemanasan global. “Mari kita sama-sama menghijaukan bumi ini dengan dimulai dari halaman rumah kita masing-masing,” ajaknya. (*)