Jeffray Ajak Masyarakat Tanam Kayu Belian

oleh
Bibit Pohon Belian

SINTANG – Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward mengajak masyarakat untuk menanan dan melestarikan tanaman kayu belian atau kayu ulin. Jeffray mengatakan kayu belian merupakan tanaman spesial yang keberadaannya hampir punah.

“Pohon belian sudah hampir punah, untuk melestarikannya mari kita tanam dan pelihara dengan baik, dengan demikian kita juga ikut melestarikan lingkungan dan melestarikan tanaman langka” Ajak jeffray, saat menanam pohon kayu belian usai pisah sambut Danrem 121 ABW pada Selasa (22/10/2018).

Lanjut Jeffray, kayu belian atau kayu ulin disebut juga dengan kayu besi, tanaman khas Kalimantan yang sering dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, seperti konstruksi rumah, jembatan, tiang listrik, dan perkapalan.

Kayu ulin termasuk jenis pohon besar yang tingginya bisa mencapai 50 meter dan diameter mencapai 120cm. Karena ketahanannya terhadap perubahan suhu, kelembapan dan pengaruh air laut, kayu ulin memiliki sifat sangat berat dan keras. Maka, kayu ini juga sering disebut sebagai kayu besi karena sangat kuat dan tahan banting.

ditambahkan jeffray, kayu belian mampu tumbuh dengan diameter yang cukup besar dan tinggi, serta memiliki sifat yang sangat keras dan juga tidak mudah dimakan rayap.

“Tidak heran jika kayu belian diburu oleh banyak orang, Selain itu, harga jualnya juga cukup tinggi dan banyak manfaat dari kayu khas Indonesia ini,” ungkap Jeffray. (*)