Jembatan Dedai Masih Dalam Tahap Perencanaan

oleh
Herimaturida

SINTANG – Harapan masyarakat Kecamatan Dedai memiliki akses jalan dan jembatan penghubung bakal segera terwujud. Itu setelah Dinas PU Kabupaten Sintang menyatakan tahun 2018 akan mulai dilakukan perencanaan.

“Jembatan Dedai masih dalam tahap perencanaan di tahun 2018 ini. Anggaran yang diperlukan sekitar 45 M dengan panjang 300 Meter,”ungkap Seketaris Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sintang Sintang, Mursalin Kemarin.

Mursalin mengatakan saat ini dinas PU masih melakukan perencanaan terhadap jembatan Dedai. Namun, untuk pembangunan fisiknya, Ia mengatakan masih belum tahu apakah dilakukan tahun ini atau tahun depan.

“Kita masih nunggu anggarannya, yang jelas jembatan dedai merupakan skla prioritas perencanaan yang dilakukan oleh dinas PU untuk dibangun,”kata Mursalin.

Mernurutnya keberadaan jembatan dedai merupakan seperti sebuah kerinduan yang besar bagi masyarakat didaerah tersebut, selai itu jembtan dedai merupkan jembatan alternatif bagi masyarakat.

“Jembatan itu nantinya bisa menjadi alternatif bagi masyarakat sintang maupun putusibau untuk mempersingkat waktu bisa langsung ke pontianak.,”Jelasnya.

Untuk mewujudkan jembatan didaerah dedai ini, lanjut Mursalin perlu dukungan dari seluruh masyarakat itu sendiri. Terlebih, pihaknya telah menetapkan lokasi rencana pembangunan jembatan.

“Kita berharap dukungan masyarakat terkait lahannya. Agar program ini bisa cepat terwujud,” jelasnya

Upaya Pemerintah Kabupaten Sintang melalui dinas PU dalam merealisasikan pembangunan Jembatan Dedai mendapat respon positif dari anggota DPRD Sintang Herimaturida.

Dia mengatakan pembangunan jembatan dedai bukan hanya perencanaan semata tetapi hal tersebut untuk dapat direalisasikan sesegera mungkin.

“Saya kira ini bukan hanya perencanaan semata tetapi jauh lebih dari itu untuk dapat segera direalisasikan,”kata Herimaturida.

Menurut Politisi Gerindra ini, dengan adanya jembatan dedai tentu akan memudahkan mobilitas masyarakat. Selain itu, juga dapat memangkas jarak tempuh dari menuju pontianak.

“Kalau memang sudah ada perencanaannya, tentu kita dukung pembangunannya. Karena kalau ada jembatan akan memudahkan masyarakat menuju pontianak, “jelasnya. (Okt)