Komisi C Minta Sekolah Penyelenggara UNBK Persiapkan Dengan Matang

oleh
oleh
Herimaturida

SINTANG – Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP/MTs yang akan dilakukan pada tangal 23 April hingga 26 April mendatang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang mengatakan telah siap melakukan UNBK SMP/MTs.

Kepala Bidang Pembinaan Kurikulum SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Ernawati mengungkapkan bahwa pihaknya melalui sekolah penyelenggara UNBK telah mempersiapkan sarana dan prasarana penunjang pelaksanaan UNBK.

“Untuk persiapan, sudah kami lakukan. Dari jauh hari, kami sudah melakukan percobaan pelaksanaan UNBK. Kami siap untuk menggelar UNBK SMP/MTs,” ujarnya.

Meskipun telah melakukan persiapan matang, Ernawati mengaku pihaknya mengkhawatirkan adanya kendala eksternal selama pelaksanaan UNBK SMP/MTs mendatang.

“Untuk kendala internal, kami tidak terlalu takut karena sudah mempersiapkannya dengan matang. Namun yang kami takutkan adalah kendala eksternal seperti kendala listrik dan signal,” ucapnya.

Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Sintang, Herimaturida mengharapkan pihak sekolah penyelenggara UNBK dapat mempersiapkan merasa sesuatu yang terkait dengan penyelenggaraan UNBK di Kabupaten Sintang.

“Sudah harus koordinasi dengan pihak terkait sehingga kendala eksternal yaitu listrik dan signal bisa diminimalisir dan tidak mengganggu jalannya pelaksanaan UNBK di Kabupaten Sintang,” tuturnya.

Herimaturida menyampaikan meskipun jika ada kendala eksternal, sekolah penyelenggara dapat menunda sementara jalannya UNBK hingga kendala tersebut dapat diatasi, namun akan memberikan dampak bagi peserta UNBK.

“Jika terjadi kendala, penundaan pelaksanaan UNBK tentu akan membawa dampak bagi peserta UNBK, seperti kurangnya rasa percaya diri yang bisa membuat mereka tidak fokus untuk menjawab pertanyaan,” tukasnya. (YL)