Komisi III DPRD Sekadau Rapat Dengan Dinkes dan WVI

oleh

SEKADAU,KN-Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Sekadau Meyelenggarakan Rapat kerja bersama Dinas Kesehatan Dan Wahana Visi Indonesia di ruang rapat Komisi III DPRD Kabupaten Sekadau di Jalan Mereka Timur Kompleks Perkantoran Pemkab Sekadau, Desa Bokak Sebumbun, Kamis siang (30/01/20).

Rapat dipimpin langsung oleh ketua komisi III Hasan, didampingi Anggota Komisi III Muslimin.

Saat dikonfirmasi oleh awak media kalimantannews.com, rapat kerja tersebut berkaitan dengan kesiapsiagaan antisipasi penyebaran novel corona virus (NCOV) di wilayah Kab Sekadau. DPRD juga mempertanyakan kesiapaan pemerintah daerah mencegah terjadi virus NCOV diwilayah Kab Sekadau.

“Kami meminta kepada pemerintah daerah melalui dinas kesehatan dan rumah sakit untuk mengambil langkah nyata dalam menyikapi agar  bisa dicegah sedini mungkin virus tersebut, dan mempersiapkan diri jika ditemui supect virus tersebut,” ujar Hasan kepada awak media kalimantannews.com melalui pesan singkat Whatsap.

Lebih lanjut DPRD juga meminta  kepada dinas kesehatan untuk melakukan kegiatan promotif dan preventif terhadap virus corona dengan membuat baliho, pamplet dsb; mempersiakan stok masker, berkoordinasi dengan puskesmas seperti sarana rujukan, untuk  melakukan surveilen.

“Kami juga minta kepada RSUD untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin agar kebutuhan dasar dan sarana rumah sakit bisa berfungsi optimal seperti listrik, air, peralatan pelindung medis, kamar isolasi, dan tenaga medis khusus, termasuk sarana rujukan. Intinya selain upaya promosi, preventif. Kita juga berupaya jika ada kejadian suspect artinya kita sudah siap menangani”papar legislator partai berlambang merci tersebut.

Sementara itu tanggapan dari rumah sakit yang disampaikan direktur RSUD Sekadau yang diwakili oleh Kabid Pelayanan RSUD SekadauSlamet SKM mengatakan Dinas dan RSUD sudah menyatakan kesiapannya.

“Dalam waktu dekat kami akan diundang ke provinsi dalam rangka pencegahan corona, dan setelah itu akan melalukan koordinasi dengan puskesmas terkait,” Ucap Slamet.

“Dinas juga akan membuat media promosi berupa baliho, pamplet dsb. Rumah sakit juga akan mengambil langkah dalam hal penangan pasien suspect NCOV,” jelasnya lagi.

Untuk tanggapan dar WVI sendiri mereka sangat mendukung program-program yang diminta oleh DPRD Kabupaten Sekadau.

“Kami sangat mensuport program pelayanan dasar pemerintah kepada masyarakat seperti kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan sosial. Dan kami akan membantu edukasi dan preventif terkait dengan NCOV dan juga bisa menyediakan masker jika dibutuhkan”ucap Stefanus.

Penulis: Meliamus Acil