Lasarus Reses Di Sekadau Hulu Rawak

oleh

SEKADAU – Hari ke-2 Anggota Komisi V DPR RI dapil Kalbar Lasarus, S. Sos, M.Si adakan Reses di Kecamatan Sekadau Hulu nertempat di Mega Tenda Santo Gabriel Rawak, Selasa (27/11/18).

Sambutan Ketua Pelaksana Reses Yohanes Anes, yang juga Ketua Relawan Kamang Kabupaten Sekadau menuturkan, silakan sampaikan aspirasi dan keluhan bapak ibu kepada Bapak Lasarus. Karna ini adalah momen Reses.

Sambutan Camat Sekadau Hulu, Yangsun mengucapkan, terimakasih atas kedatangan Bapak Lasarus Anggota DPR RI dalam rangka kegiatan Reses di Kecamatan Sekadau Hulu ini.

Camat Yangsun berharap kepada para Kades yang hadir, Ketua BPD bisa menyanpaikan persoalan yang ada di Desa masing-masing.

“Semoga apa yang menjadi kebutuhan kita dibidang pembangunan dan perekonomian akan lebih baik terutama di Kecamatan Sekadau Hulu,” ucapnya.

Selain itu, Camat juga katakan bahwa diruas jalan Provinsi Sekadau – Nanga Mahap salah satunya jembatan sungai batang rawak yang berada ditengah kota kondisi sangat rusak berat, selama ini kegiatan untuk memperbaikinya hanya swadaya.
Kemudian jembatan sungai sarik juga sudah rusak berat perlu pembangunan baru.

Penunjang ekonomi kata dia, ada beberapa lahan pertanian perlu ditingkatkan yakni irigasi dan lahan persawahan. Termasuk sarana fasilitas dan penunjangnya.

Kemudian lanjutnya, persoalan tapal batas antar Kabupaten Sekadau dan Kabupaten Sintang yakni antara Desa Sunsong Sekadau Hulu dengan Desa Sinar Sekayau Kecamatan sepauk Kabupaten Sintang.

Selanjutnya sambutan Bapak Lasarus, S. Sos, M.Si Mengucapkan terimakasih kepada bapak ibu yang ada di kecamatan Sekadau Hulu sudah hadir dalam acara Reses ini.

Lasarus menyampaikan kapada para Kades yang hadir bahwa salah satu komisi yang menangani masalah anggaran desa adalah komisi V.

“Kami selalu evaluasi apakah dana desa ini digunakan sebagaimana mestinya,” kata Legislator yang sudah 2 periode duduk di DPR RI ini.

Kerjasama kami dengan Kementerian Perhubungan, saat ini kami konsen ke Bandara Tebelian Sintang.
Saat ini juga kita sedang menyelesaikan pelebaran jalan Sekadau – Sintang termasuk penggantian jembatan yang sudah tidak layak, atau pelebaran jembatan.

Anggota DPR RI 2 periode ini katakan, sangat perlu ada komunikasi dari pemerintah daerah dengannya terutama yang berkaitan dengan Dana Alokasi Khusus (DAK). Ini supaya kita tau mana yang menjadi skala prioritas.

“Setiap tahun kami tandatangani APBN yang kurang lebih 300 an triliun.
Saya berpesan kepada Kades, kalau ada yang kurang kita ingatkan, kita lengkapi, ada yang salah kita perbaiki. Jangan sampai salah dalam penggunaan ADD. Gunakan Dana Desa dengan baik sehingga penggunanya bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Selanjutnya, Lasarus sampaikan bahwa Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) ada program Irigasi Desa berjumlah 200 juta per Desa dikelola langsung oleh Desa dan tidak dilelang.

Selaku wakil ketua komisi V DPR-RI, dia berharap peran aktif Pimpinan Kepala daerah dalam memujudkan pembangunan di daerah. Lasarus menyesalkan tidak adanya perwakilian pemerintah daerah Kabupaten Sekadau yang ikut serta dalam kegiatan reses.

“Selaku pejabat negara harus profesional, bisa memisahkan mana politik mana kepentingan daerah,” jelasnya.

Ia katakan bahwa, posisinya di Komisi V sangat strategis karna dari sekian banyak anggota DPR RI hanya 5 orang yang menandatangani masalah infrastruktur.

“Perlu diketahui juga, di Kabupaten Sintang saya sudah anggarkan untuk pembangunan air bersih sebesar 300 juta,” tuturnya.

Penghujung acara dilanjutkan dengan sesi dialog dan tanya jawab.

Hadir dalam acara ini, Kapolsek Sekadau Hulu, Danramil, Forkopimca, Pastor, para Kades, Ketua BPD, WKRI dan Undangan. (AS /KN)