Markus: Pemerintah Harus Menjamin Ketersediaan Pupuk Bersubsidi Bagi Petani

oleh
Markus Jembari

SINTANG – Anggota DPRD Sintang, Markus Jembari memberikan apresiasi kepada kelompok tani Leboi Mekar di Desa Pengkadan Sungai Rupa, Kecamatan Dedai yang telah melakukan panen perdana lahan sawah seluas 40 hektar, Selasa (2/4/2019) ini merupakan kebahagiaan bagi petani.

Markus mengharapkan, kiranya kegiatan seperti ini dapat menjadi motivasi dalam memajukan program pembangunan dibidang pertanian, ini merupakan tantangan kita bersama dalam mewujudkan kembali kejayaan masyarakat dalam mencapai swasembada pangan di Kabupaten Sintang ini,” harap Markus.

Lanjut Markus, pemerintah juga harus menjamin ketersedian pupuk bersubsidi untuk kelompak tani dimana saat saya reses beberapa waktu yang lalu, masyarakat selalu menyampaikan keluh kesahnya tentang sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi, pungkasnya.

Panen perdana lahan sawah seluas 40 hektar milik kelompok Tani Leboi Mekar di Desa Pengkadan Sungai Rupa ini langsung di hadiri Bupati Sintang, Jarot Winarno dan didampingi oleh Staff Ahli Bupati Sintang Bidang Politik dan Pemerintahan Syarifuddin, Kadistanbun Kabupaten Sintang Veronica Ancili, Kadis Perindagkop dan UKM Kabupaten Sintang, Sudirman, Penyuluh Pertanian serta kelompok Tani Leboi Mekar.

Pada kesempatan tersebut Bupati Sintang, Jarot Winarno menyampaikan beberapa masalah atau kendala pertanian di Kabupaten Sintang, seperti kurang luas, kurang sering di tanam dan kurang banyak, meskipun Kabupaten Sintang ini seluas Provinsi Jawa Barat namun lahan padi sawah cuma 7.700 hektar.

“sudah agak kurang luas belum semuanya bisa panen 2 sampai 3 kali setahun, kita hanya rata-rata cuman panen satu kali setahun, karena kurang sering ditanam dan di tambah lagu skelai panen hanya 2 sampai 3 ton saja perhetarnya, kalau di Jawa sekali panen 5 sampai 6 ton per hektar”kata Jarot.

Namun demikian, Jarot meyakini hasil panen padi kelompok tani Leboi Mekar ini sangat berkualitas terlebih terlebih padi beras hitam banyak di cari orang, sama hal juga dengan padi beras merah yang cukup laku jual di pasaran. Untuk itu dirinya berharap varietas padi baik itu beras hitam bisa menjadi unggulan kelompok tani Leboi Mekar Pengkadan Sungai Rupa ini.(*)