Pilkades Serentak 2022, Persiapan Panitia Dinilai Sudah Matang  

oleh
oleh
Anggota DPRD Sintang, Santosa.

SINTANG, KN – Persiapan panitia penyelenggara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahap II tahun 2022 yang akan berlangsung pada 18 Oktober 2022 dinilai sudah cukup matang.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Santosa saat ditemui di gedung parlemen setempat, kemarin. Ia menilai persiapan yang dilakukan tentu sudah berkaca dari penyelenggaraan Pilkades tahun sebelumnya.

“Persiapan panitia saya rasa sudah sangat matang, karena sosialisasi sudah dilakukan hingga ke panitia tingkat desa. Ini merupakan buah dari pengalaman-pengalaman Pilkades yang dilakukan sebelumnya, terutama Pilkades tahun lalu,” ujar Santosa.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga mengatakan, bahwa pelaksanaan Pilkades kali ini akan berjalan dengan baik. Terlebih tidak terlalu banyak desa yang melaksanakannya.

“Tidak seperti di tahun yang lalu, hampir 200 sekian desa. Tahun ini hanya 70an desa se-Kabupaten Sintang. Sejauh ini kita juga melihat para panitia penyelenggara, baik di tingkat desa, kecamatan bahkan kabupaten sudah sangat siap untuk melaksanakan Pilkades serentak ini,” terangnya.

Pria yang karib disapa Santo ini pun berharap, penyelenggaraan Pilkades kali ini benar-benar berlangsung dengan aman dan damai sesuai apa yang mejadi harapan bersama.

“Pesan saya kepada para calon, bagi yang menang jangan terlalu berbesar hati, yang kalah juga jangan terlalu berkecil hati, karena itulah memang resiko sebuah pertarungang ada kalah dan menang,” imbau mantan Kades ini.

Bagi yang menang jelas Santosa, tentu mempunya tanggung jawab yang besar. Semangat dari masyarakat yang mesti dia laksanakan dalam pengelolaan pemerintahaan desa, bahkan pengelolaan keuangan yang diserahkan pemerintah ke desa  yang akan dipimpinnya nanti.

“Jadi bagi para pemenang, ini merupakan tanggung jawab yang harus mereka pikul nantinya. Tentu kita harapkan yang terpilih nanti dapat menjalankan tugas dan amanahnya sesuai dengan aturan yang berlaku,” pungkasnya. (pul)