PMKRI Kapuas Hulu Apresiasi Kepada Pemkab Kapuas Hulu atas Ditetapkannya Direktur Baru

KAPUAS HULU, KN – PMKRI Kapuas Hulu mengapresiasi Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu yang sudah menetapkan Direktur baru PT Uncak Kapuas Mandiri (UKM), yang diketahui bahwa PT UKM ini merupakan salah satu BUMD di Kabupaten Kapuas Hulu. Hal ini disampaikan Ketua Presidium PMKRI Kapuas Hulu, saudara Yohanes Belen Wuwur.

“Kami mengapresiasi penetapan Direktur PT UKM karena keputusan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah Kapuas Hulu dalam meningkatkan pembangunan daerah, memenuhi kebutuhan rakyat menuju masyarakat Kapuas Hulu yang HEBAT (Harmonis, Energik, Berdaya Saing, Amanah dan Terampil).”

“Keputusan ini juga merupakan proses lanjutan setelah sebelumnya Direktur PT UKM mengundurkan diri akibat tersandung masalah dalam pengelolaan SPBU di Kedamin – Kapuas Hulu, yang dikelola oleh pihaknya.” ungkap Ketua Presidium, pria yang akrab dipanggl Yanche Wuwur.

“PMKRI Kapuas Hulu menegaskan bahwa keputusan penetapan Direktur baru ini, sudah seharusnya merupakan keputusan terbaik karena sudah melalui tahap open bidding/lelang jabatan, yang mana kita ketahui dengan adanya lelang jabatan akan menciptakan iklim kompetisi yang sehat, obyektif, transparan, dan bebas intervensi serta mendapatkan pejabat yang memiliki kualifikasi terbaik, kompeten, profesional, berintegritas, penuh inovasi dan memiliki wawasan luas.” jelas Yanche Wuwur.

“Dipertegas lagi bahwa sebelumnya pemerintah sendiri sudah mengetahui, terjadi permasalahan fatal yang bersemayam dalam tubuh PT UKM. Harapan permasalahan itu menjadi salah satu instrumen penting yang sudah dikaji dengan matang dan menjadi acuan pemangku kebijakan untuk kemudian memilih direktur baru ini.”

Sebagai Organisasi Kemasyarakatan Katolik yang berasaskan Pancasila, dijiwai nilai-nilai kekatolikan dan semangat kemahasiswaan, PMKRI Kapuas hulu memandang positif keputusan penetapan Direktur PT UKM, namun PMKRI Kapuas Hulu memberikan beberapa rekomendasi dukungan dan acuan perbaikan dalam tubuh BUMD.

“Siapapun pemimpin dan apapun kebijakan yang ditempuh sudah barang pasti bahwa harus tetap mengakomodir kepentingan bersama bukan individu atau golongan. Kami selalu punya pandangan positif terkait keputusan ini, oleh karena itu, kepada semua BUMD yang ada di Kapuas Hulu, khususnya PT UKM, kami memberikan solusi kritis sebagai bentuk dukungan akan eksistensi BUMD di Kapuas Hulu juga manjadi acuan strategi untuk penyehatan/perbaikan kinerja BUMD kedepan.”

Pertama, Tempatkan orang-orang profesional yang memiliki skill dan kompetensi sesuai bidang usaha BUMD yang digarap. Pastikan orang-orang yang mempunyai jiwa dan semangat wiraswasta/ entrepeneurship dalam menjalankan operasional usaha.

Kedua, BUMD harus komitmen untuk menerima wewenang dan pendelegasian kebijakan yang lebih besar dan luas dari Pemerintah Daerah kepada BUMD dalam operasionalnya. BUMD tidak boleh menjadi kereta politik bagi kepentingan birokrat maupun partai politik. Tujuan semata-mata adalah tetap profit oriented untuk menambah PAD.

Ketiga, Perbaiki sistem manajemen dengan cara memperluas pangsa pasar dengan mempertahankan pasar lama dan mencari pasar baru, mengadopsi teknik produksi baru yang lebih efesien dan efektif.

Sebagai mitra pemerintah PMKRI Kapuas Hulu akan tetap komitmen untuk ikut berpartisipasi mendukung pembangunan Kapuas hulu.
Mengapresiasi yang pantas diapresiasi dan keritikan untuk perbaikan/pembenahan adalah satu paket penting yang akan terus digelorakan untuk menjalankan fungsi kontrol. Kepada masyarakat Kapuas Hulu dan generasi muda khususnya, mari bersama kita dukung pemerintah untuk pembangunan Kapuas Hulu Hebat. (Rls)