Puluhan Pesilat Beradu di Kejurda Se Kalbar

oleh


MELAWI, KN – Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Melawi , Syaiful Khair, membuka kegiatan Kejuaraan Daerah (Kejurda) Remaja Se Kalimantan Barat tahun 2019+ yang dipusatkan di Gedung Serbaguna Kabupaten Melawi, Jumat (13/12/2019).

Pembukaan kegiatan tersebut dihadiri Ketua IPSI Melawi, Iif Usfayadi, Kapolsek Nanga Pinoh, Markus, perwkilan Pejabat TNI, dan sejumlah perguruan Silat.

Ketua panitia, Aan Rustandi mengatakan Kejurda Pencak Silat Remaja diselenggarakan sejak tanggal 13 Desember hingga 15 Desember 2019.

Sebanyak 73 Pesilat remaja dari berbagai daerah dengan penuh antuasias mengikuti kejurda tersebut. Aan menjelaskan ada 73 pesilat yang ikut, yang berasal dari sejumlah kabupaten seperti, Melawi, Sintang, kota Pontianak, Bengkayang dan Mempawah,bebernya.

Sedangkan kategori pertandingan ada Empat, yakni kategori tanding, tunggal, ganda dan regu.

“Untuk wasit ditunjuk langsung oleh Pengda IPSI Kalbar, yang terdiri dari wasit Nasional dan daerah,” ungkapnya.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Disporapar Melawi, Syaiful Khair mengatakan pencak silat merupakan olahraga beladiri yang sudah go Internasional dan juga sudah mendapatkan penghargaan serta apresiasi dari bangsa lain.

“Mari kita budayakan terus olah raga pencak silat , salah satunya dengan menyelenggarakan kejuaraan daerah pencak silat Remaja tingkat Provinsi Kalbar,” ajaknya.

Sebagai tuan rumah kegiatan, lanjutnya Kejurda pencak silat remaja Se Kalbar tahun 2019, mengangkat tema melestarikan budaya bangsa Indonesia, pencak silat spirit of Indonesia.

“Mudah mudahan melalui kegiatan ini, kita mampu mencetak atlet atlet pesilat Kalbar yang siap mengharumkan nama daerah diajang Nasional bahkan Internasional,” harapnya.

Sementara itu di diwawancarai terpisah, Ketua IPSI Melawi, Iif Usfayadi berharap melalui kegiatan tersebut dapat menjadi sarana mempererat silaturrahmi antar pengurus cabang IPSI Se Kalbar dan para pesilat.

“Atas nama IPSI, kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Melawi dan semua pihak. Sehingga kegiatan Kejurda Silat Remaja bisa terselenggara. Dengan kegiatan ini saya yakin dapat menumbuhkan kepercayaan diri dan melatih kesabaran serta kejujuran para atlit kita, dalam mengasahkemampuannya di arena,” ungkap pria yang juga anggota DPRD Melawi ini Legislator asal Gerindra ini juga meminta kepada seluruh peserta Kejurda agar dapat bertanding dengan jujur dan sportif.

“Semoga melalui kejuaraan ini bisa menghasilkan atlet atlet pencak silat yang berprestasi , profesional dan sportif,” pangkasnya. (Ed/KN)